Klaim Unggul, Theo-Zadrak Minta Timnya Tak Larut Euforia

Pilkada Tator

Klaim Unggul, Theo-Zadrak Minta Timnya Tak Larut Euforia
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan dr. Zadrak Tombeg. (IST)

KABAR.NEWS, Makale - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombeg (Theo-Zadrak) unggul perolehan suara berdasarkan rekapitulasi KPU di laman sirekap.


Theo berharap keunggulan tersebut lantas tak membuat pendukungnya agar tak larut dalam euforia berlebihan, untuk menjaga kedamaian, apalagi di tengah pandemi Covid-19.


"Kepada seluruh tim, relawan dan pendukung syukuri hasil yang ada, terima kasih atas perjuangannya, kalianlah pejuang sesungguhnya. Sebagai pejuang kita tidak boleh euforia, tapi berjuang untuk kedamaian," kata Theo saat ditemui awak media di Makale, Toraja, Kamis (10/12/2020).


Bupati Tator periode 2010-2015 itu juga mengajak seluruh Paslon kontestan Pilkada Tator agar memberikan pengertian kepada para pendukungnya. 


"Kepada sahabat Paslon mari kita berikan pencerahan, karena Toraja ini milik kita bersama-sama. Kalah menang adalah konsekuensi pemilihan, Demokrat sejati memberikan keteduhan," ujarnya.


Theo yang juga Mantan kepala Inspektorat Pemprov Sulsel itu berharap baik KPU maupun Bawaslu tetap menjaga integritas dan profesional. Selain itu, ia juga mengapresiasi aparat keamanan sehingga Pilkada berjalan tanpa meimbulkan gangguan kamtibmas.


"Kepada KPU dan Bawaslu agar tetap menjaga integritas dan profesional jangan kita mencederai kedaulatan rakyat dan demokrasi ini. Terima kasih juga kepada TNI dan Porli bekerja menjaga kemananan," kata Theo.


Theo-Zadrak mengklaim unggul berdasarkan data C1 dan memperoleh 57.025 suara sedangkan Calon Petahana Nico-Victor meraih 51.477 suara disusul pasangan Al-Jon 30.067 suara. 


Dari 19 kecamatan Theo-Zadrak menang di 10 kecamatan, Nico-Victor 8 serta Al-Jon 1 kecamatan. "Terima kasih kepada partai pengusung dan kader-kader Golkar atas dukungannya," pungkasnya.


Penulis: Febriani/B