Skip to main content

AS Klaim Tewasnya Hamza, Anak ke-15 Osama Bin Laden

Trump Klaim Tewasnya Pewaris Al-Qaeda Hamza bin Laden
Anak ke-15 Osama Bin Laden dan pewaris Al-Qaeda, Hamza bin Laden, yang dirilis CIA pada November 2017. (AFP via VOA)

KABAR.NEWS, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim bahwa pasukan militernya berhasil menewaskan Hamza bin Laden, putra Osama bin Laden dan pewaris jaringan teroris Al-Qaeda.


Baca juga: Viral! Seniman India Protes Jalan Berlubang Pakai Baju Astronot

Menurut Trump pada Sabtu (14/9/2019), Hamza bin Laden tewas dalam operasi anti-terorisme yang dilakukan militer AS di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan.


"Hilangnya Hamza bin Laden tidak hanya membuat Al-Qaeda kehilangan keterampilan kepemimpinan yang penting dan hubungan simbolis dengan ayahnya, tetapi juga melemahkan kegiatan operasional penting kelompok itu," kata Trump dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, dikutip dari VOA.

 

Hamza disebut sebagai anak ke-15 dari 20 anak Osama bin Laden yang berasal dari istri ketiganya. Hamza, diperkirakan berusia sekitar 30 tahun.


Media AS pada awal Agustus melaporkan, mengutip para pejabat intelijen, bahwa Bin Laden yang lebih muda telah tewas dalam dua tahun terakhir dalam sebuah operasi yang melibatkan militer Negeri Paman Sam.


Baca juga: Saudi Cairkan Santunan Rp87 M Untuk Korban Crane Ambruk Asal Indonesia

Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, mengkonfirmasi kematian Hamza bin Laden pada akhir Agustus 2019. Tetapi Trump dan pejabat senior lainnya belum secara publik mengkonfirmasi berita tersebut.

 

Pada Februari 2019, Departemen Luar Negeri AS sempat menjanjikan 1 juta dolar kepada siapapun pihak yang berhasil membunuh Hamza bin Laden.

 

loading...