Kisruh Gaji Guru Kontrak, Plt Kadisdik Makassar Akui SK Bermasalah

SK guru dan staf honorer Disdik Makassar tidak ditandatangani mantan Pj Wali Kota Makassar.

Kisruh Gaji Guru Kontrak, Plt Kadisdik Makassar Akui SK Bermasalah
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palemba. (Foto: KABAR.NEWS/Fitria Nugrah Madani)






KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menjadi sasaran aksi protes para tenaga kontrak yang gajinya belum dibayarkan hingga kini.

Diketahui, hampir 2.000 lebih tenaga kontrak tak digaji selama Januari-Februari. Hal ini diakui Plt Disdik Kota Makassar, Nielma Palemba yang mengatakan dirinya memang menyayangkan hal tersebut. 


"Jadi terkait adanya 2 ribu lebih tenaga kontrak, sebenarnya tidak semua guru, karena di Dinas Pendidikan itu tenaga kontrak yang staf itu sebagian kurang lebih 50-an. Mereka menuntut haknya karena mereka sudah bekerja," tutur Nielma di Balai Kota Makassar, Kamis (6/5/2021). 

Nielma membeberkan kendala dihadapi pihaknya sehingga justru gaji tersebut tak dibayarkan. Diakui dirinya, Surat Keputusan (SK) mestinya ditandatangani mantan Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin masih bermasalah. 

"Ini kan kendalanya adalah masalah administrasi yang sampai saat ini belum ditandangani Bapak Pj Rudy. Sehingga kami berusaha untuk bagaimana caranya memberikan hak mereka mengupayakan gaji bulan Januari-Februari mencoba untuk mendapatkan SK," jelasnya.

Olehnya itu, Nielma meminta tenaga kontrak yang melayangkan tuntutan tersebut bisa bersabar. Dirinya mengatakan tetap mengusahakan kepada berbagai pihak terkait penyelesaian persoalan tersebut. 

"Kami berharap teman-teman tenaga kontrak yang menuntut haknya jangan menganggap kami tidak mengurus, tidak memperhatikan ini. Ini kami selalu diskusikan hampir tiap hari bagaimana caranya dan selalu berkoordinasi," imbaunya.

Nielma juga memastikan pihaknya tetap membayarkan gaji setelah bulan berikutnya yang sudah memasuki masa Pemerintahan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto.

 

"Semoga bisa diupayakan SK dari tenaga kontrak supaya bisa dibayarkan untuk dua bulan. Jadi yang masuk ini baru Maret-April sejak Pak Danny jadi Wali Kota. Bagaimana pun mereka sudah bekerja," ucapnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B