Ketua KPU Tator Minta Masyarakat Sabar Tunggu Hasil Resmi

Saat ini sistem informasi dan rekapitulasi (Sirekap), aplikasi yang dibuat KPU RI untuk dipergunakan di tingkat KPPS untuk mengaplod hasil perhitungan suara di TPS masing-masing saat ini dalam kondisi eror, karena seluruh Indonesia mengakses aplikasi tersebut.

Ketua KPU Tator Minta Masyarakat Sabar Tunggu Hasil Resmi
Ketua KPU Tator, Rizal Randa saat berada di Lokasi Debat Publik I Pilkada 2020.(KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale  - Setelah pemungutan suara selesai dan masih sementara dilakukan perhitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja (Tator) menargetkan semuanya akan tuntas di TPS hari ini dan meminta masyarakat untuk sabar menanti hasil resmi.

Menurut Ketua KPU Tator, Risal Randa, saat dikonfirmasi KABAR.NEWS via seluler, Rabu (9/12/2020), saat ini ada sejumlah hasil hitungan beredar di media sosial, namun itu belum resmi karena masih harus menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU.

"Hasil resminya masih harus menunggu sesuai tahapan yang ada." ungkap Risal.

Dikatakan Risal bahwa mengigat saat ini berbagai hasil quick count beredar di internet terkait hasil perhitungan, tetapi yang resmi adalah dari KPU. Walaupun ada aplikasi Sirekap yang digunakan KPU secara online namun masih harus menunggu hasil rekapitulasi manual yang resmi.

"Kami berharap masyarakat untuk bersabar menunggu hasil secara resmi, sesuai aturan yang berlaku dan kepada seluruh masyarakat Tator yang hari ini telah menyalurkan hak suaranya, kami mengucapkan terima kasih," harapnya.

Lanjut Risal menjelaskan, saat ini sistem informasi dan rekapitulasi (Sirekap), aplikasi yang dibuat KPU RI untuk dipergunakan di tingkat KPPS untuk mengaplod hasil perhitungan suara di TPS masing-masing saat ini dalam kondisi eror, karena seluruh Indonesia mengakses aplikasi tersebut.


Penulis: Febriani/B