Ketua DPRD Tator Desak Pemkab Bayar Gaji TKD selama 11 Bulan

Menunggak sejak Januari sampai November 2021

Ketua DPRD Tator Desak Pemkab Bayar Gaji TKD selama 11 Bulan
Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi. (Foto: Tribun Toraja)






KABAR.NEWS, Makale - Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Welem Sambolangi mendesak pemerintah segera membayarkan gaji tenaga kontrak daerah atau TKD yang menunggak sejak Januari hingga November 2021.


"Kasihan nasib ribuan TKD yang sampai saat ini belum dibayarkan honornya. Untuk itu kami mendesak pemkab agar secepatnya membayarkan honor mereka. Seharusnya sudah tidak ada tolerir untuk itu, mereka harus segera dibayarkan," ujar Welem kepada KABAR.NEWS di Makaler, Tator, Senin (8/11/2021).


Welem menyebut ada 1.600 TKD Pemkab Tator yang sampai saat ini belum dibayarkan haknya, bahkan belum diberikan surat keputusan pengakatan TKN namun mereka tetap kerja. 


Padahal, kata Legislator Fraksi Golkar tersebut, Pemkab Tator telah berjanji akan membayar tunggakan gaji TKD pada minggu pertama bulan November. Tapi faktanya, hak mereka belum dibayarkan.


Merespons desakan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tator Semuel Tande Bura mengatakan pemkab mengupayakan untuk secepatnya mengeluarkan SK dan segera melakukan pembayaran honor TKD/


Sementara itu, salah satu TKD yang wawancarai KABAR.NEWS pada Senin (8/11/21) mengatakan, mereka sudah pernah mendapat SK, tetapi tiba-tiba ditarik lagi dan sampai hari ini mereka belum mendapatkan SK kembali.


"Walaupun kami belum mengantongi SK tetapi kami tetap bekerja dan sama sekali belum terima honor," pungkasnya.


Penulis: Febriani/B