Kesalahan Undian 16 Besar Liga Champions Hingga Messi vs Ronaldo Batal

- Undian ulang pertemukan MU vs Atletico Madrid

Kesalahan Undian 16 Besar Liga Champions Hingga Messi vs Ronaldo Batal
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (Instagram/psg/Twitter/Manutd)

KABAR.NEWS, Makassar - Dua "alien" yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo batal bersua di lapangan hijau. Itu setelah UEFA melakukan pengundian ulang babak 16 besar Liga Champions di Nyon, Swiss, Senin (13/12/2021) waktu Indonesia.


Sebelum dilakukan pengundian ulang, Manchester United klub Ronaldo sedianya bertemu Paris Saint-Germain (PSG) yang notabene adalah klub Messi.


Alhasil, undiang ulang mempertemukan MU vs Atletico Madrid yang sebelumnya diundi bentrok Bayern Munchen. Sementara PSG harus menghadapi lawan dari Spanyol yaitu Real Madrid.


Dibatalkannya undian awal 16 besar Liga Champions tak sedikit memicu rasa kekecewaan dari penggemar sepak bola. Berbagai pihak menilai, hasil drawing awal lebih menarik ketimbang undian kedua.


Apalagi, pertemuan Messi dan Ronaldo merupakan pertunjukan yang dinanti-nanti publik sebagai dua mega bintang sepak bola terbaik abad ini.


Alasan UEFA Mengulang Pengundian


UEFA sebagai operator kompetisi paling tertinggi di benua biru ini, memiliki dua alasan teknis sehingga undian 16 besar Liga Champions harus diulang. 


Alasan pertama, seperti dikutip Goal, MU secara keliru diundi lawan Villarreal, padahal keduanya bertemu di fase grup. Berdasarkan aturan Liga Champions, kedua klub tidak bisa bertemu lagi hingga setidaknya babak perempat-final.


Tapi, ketika bola bernomor awalnya ditarik, United dipasangkan lawan Villarreal lagi dan proses kemudian harus diulang.


Kesalahan lain terjadi ketika nama Atletico Madrid dibacakan dengan United. Kedua klub tidak dimasukkan ke dalam pot untuk undian mereka.


Di sisi lain, Bayern Munich dikonfirmasi sebagai lawan Atletico pada undian pertama, ternyata tidak mengawasi proses dan menyadari kesalahan yang terjadi.


Pihak Atletico kemudian mengonfirmasi bahwa mereka telah mengadakan pembicaraan dengan UEFA untuk mencari kejelasan tentang masalah ini. Tidak lama kemudian diumumkan bahwa undian harus diulang.


Berikut hasil undian ulang 16 besar Liga Champions 2021/2022:


- PSG vs Real Madrid

- Manchester United vs Atletico Madrid

- Chelsea vs Lille

- Villareal vs Juventus

- Inter Milan vs Liverpool

- FC Salzburg vs Bayern Munchen

- Benfica vs Ajax Amsterdam

- Sporting CP vs Manchester City