Skip to main content

Kenali Gejala dan Pengobatan Kanker Darah: Penyakit yang Dialami Ani Yudhoyono

Kenali Gejala dan Perawatan Kanker Darah: Penyakit yang Dirasakan Ani Yudhoyono
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mendampingi sang istri Ani Yudhoyono yang dirawat karena sakit kanker darah di RS Singapura. (Instagram/aniyudhoyono)

KABAR.NEWS - Mantan Ibu Negara Republik Indonesia (RI), Ani Yudhoyono, sedang terbaring sakit di rumah sakit Singapura. Istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diketahui menderita kanker darah. 


Baca juga: Bagaimana Aplikasi Smartphone Bisa Mendeteksi Penyakit Anemia?

Lantas apa itu kanker darah? Menurut  Cancer Center For America, kanker darah dialami seseorang ketika sel-sel darah abnormal mulai tumbuh di luar kendali, mengganggu fungsi sel darah normal, yang melawan infeksi dan menghasilkan sel darah baru.


Kanker darah juga terbagi ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah leukemia, limfoma dan mieloma. Leukemia adalah kanker darah yang berasal dari darah dan sumsum tulang. 


Leukimia terjadi ketika tubuh menciptakan terlalu banyak sel darah putih abnormal dan mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk membuat sel darah merah dan trombosit.


Dilansir dari Healthline, beberapa penyebab munculnya leukimia adalah riwayat penyakit keluaga, kelainan darah, seperti sindrom myelodysplastic, yang kadang-kadang disebut "preleukemia"


Ada beberapa gejala kanker darah menurut Pusat Kanker Untuk Amerika, gejala itu antara lain Demam, menggigil; Kelelahan terus-menerus, Kehilangan nafsu makan, mual; Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan; Berkeringat di malam hari dan Nyeri tulang/sendi.


Selain itu, leukimia juga disertai gejala sakit kepala; sesak napas; Infeksi yang sering; pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak atau selangkangan; pilihan pengobatan dan terapi kanker darah
Pengobatan untuk kanker darah tergantung pada jenis kanker.


Baca juga: Sedang Diet? Lima Makanan Ini Bisa Membantu Membakar Lemak Anda

Para ahli kesehatan menganjurkan beberapa perawatan kanker darah yang umum termasuk: Transplantasi sel induk; Kemoterapi; Terapi radiasi: Terapi radiasi dapat digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker atau untuk menghilangkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Ini juga dapat diberikan sebelum transplantasi sel induk.

 

Kini Ani Yudhoyono masih perjuang melawan kanker darah tersebut. Sejumlah kalangan telah memberi membesuk Ani di Singapura.

 

loading...