Kena Corona, 80 ODGJ di RS Dadi Makassar Disebut Tidak Stres

- Diungkapkan oleh Dirut

Kena Corona, 80 ODGJ di RS Dadi Makassar Disebut Tidak Stres
Simulasi penanganan pasien positif Corona oleh Pelindo IV. (Ilustrasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Sebanyak 80 pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Khusus Dadi Makassar, terkonfirmasi positif Covid-19. Puluhan pasien tersebut kena Corona kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).


"Betul, ada 80 ODGJ terkonfirmasi positif Covid-19 di RS Dadi. Mereka atau hampir semuanya, OTG," Direktur RSKD Dadi Makassar, Arman Bausat kepada wartawan, Sabtu (2/1/2021).


Pasien ODGJ itu diketahui terpapar Covid-19 setelah pihak RSKD Dadi melakulan tracing massal, pada dua pekan lalu. Total ODGJ yang diperiksa mencapai 400 pasien.


"Kebetulan di RS Dadi ada alat tes swab, jadi kami tidak ada masalah dalam men-tracing mereka. Kami tracing dua minggu lalu," ungkapnya. Pasien ODGJ yang terpapar Covid-19 di tempatkan dalam ruangan khusus untuk diisolasi. 


"Mereka hanya OTG atau tidak ada keluhan karena dia tidak pikir penyakitnya. Mereka tidak pusingi positifnya, tidak stres. Ada juga satu atau dua orang demam, karena mereka merokok," tutur Arman.


Kata Arman, penularan Covid-19 diduga dibawa oleh pasien ODJG yang baru masuk dan di rawat di RS Khusus itu. 


"Bulan April sampai September 2020, kita betul-betul tutup, tidak ada kunjungan. Di Oktober, sempat membuka pelan-pelan atau mulai kembali menerima pasien jiwa karena Covid sudah melandai. Nah, pasien baru ini yang bawa penyakit atau virus itu," jelasnya.


Sekadar diketahui, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di RSKD Dadi seluruhnya berjumlah 234 pasien, 80 di antaranya merupakan ODGJ. Akan tetapi, mereka ditempatkan di ruang perawatan atau tempat yang berbeda. 


Penulis: Reza Rivaldy/B