Kemenkumham Sulsel Serahkan 365 SK Remisi di Rutan Makassar

Selain itu, Kemenkumham Sulsel juga menyerahkan SK remisi di Lapas Makassar, Narkotika Sungguminasi, Parepare, dan Palopo.

Kemenkumham Sulsel Serahkan 365 SK Remisi di Rutan Makassar
Kemenkumham Sulsel saat menyerahkan SK remisi kepada sejumlah WBP di Rutan Makassar. (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumhan) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto menyerahkan Surat Keputusan (SK) Remisi Idulfitri 1442 H Tahun 2021 secara simbolis kepada 4  orang perwakilan Narapidana di Rutan Makassar, Kamis (13/5/2021)

Harun yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly mengatakan bahwa pemberian remisi ini merupakan hak Warga binaan yang diberikan oleh negara atas pencapaian telah dilakukan oleh warga binaan selama di Lapas, Rutan dan LPKA. Tujuannya Diharapkan dapat memotivasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) tingkatkan optimisme dalam menjalani pidana.

 

Kepada WBP, Harun minta untuk terus berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar tata tertib dan melanggar hukum. Sehingga menjadi bekal mental positif untuk kembali ke masyarakat. 

Tujuan program pembinaan, lanjutnya, agar WBP taat terhadap hukum, menjunjung tinggi nilai moral, sosial dan keagamaan sehingga tercapai kehidupan bermasyarakat damai dan tertib.
  

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi mengatakan bahwa semua SK remisi telah diserahkan hari ini setelah sholat idul fitri.

"Kakanwil menyerahkan remisi di Rutan Makassar, Kadivpas di Lapas Makassar, sedangkan di tempat lain, dilakukan oleh Kalapas dan Karutannnya," Kata Edi melalui keterangan yang diterima KABAR.NEWS.

Dari usulan tersebut 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT) terbanyak yang memberikan SK Remisi diantaranya, Lapas Narkotika Sungguminasa 619 Orang, Lapas Makassar 594 Orang, Lapas Palopo 455  Orang , Lapas Parepare 392 Orang dan Rutan Makassar sebanyak 365 Orang.

Penulis: Darsil Yahya/B