Skip to main content

Kemenhub Hibahkan 12 Bus ke Pemprov Sulsel

kementerian perhubungan
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat berikan bus Kementrian Perhubungan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. (IST)

 

KABAR.NEWS, Makassar - Kementerian Perhubungan pada hari ini, Kamis (6/12/2018), kembali salurkan bantuan bus sekolah dan Bus Rapid Transit (BRT) untuk Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Pemberian bantuan itu dalam momentum Rapat Koordinasi Teknis Andalalin Rancang Bangun Kendaraan Bermotor serta peraturan perundang-undangan. "Semua mobilnya sudah ada di pelabuhan,'' ucap Benny Nurdin Yusuf, Kepala Balai Besar Pengelola Transportasi Darat XIX Sulselbar.

 

Sebanyak 12 bus sekolah dan BRT disalurkan di 7 kabupaten, 2 kota, 1 pondok pesantren dan 2 kampus, yakni Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhammadiyah Parepare. Khusus kota Makassar, Pemprov Sulsel diberi 15 ke BRT.

 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menjelaskan, bantuan itu merupakan tindak lanjut dari permintaan pemprov sebelumnya. ''Pemprov dan pemkot harus komitmen berikan subsidi untuk operasi BRT ini. Kita berikan karena sudah ada komitmen dari awal," bebernya.

 

Sementara, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, dengan bantuan bus tersebut, pihaknya akan lebih memanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, untuk pengurangan kendaraan pribadi di jalan. Lebih khususnya, antisipasi angka kecelakaan lalu lintas.

 

"Negara maju hampir semua gunakan kendaraan umum, dari pada kendaraan pribadi. Ini harus kita hadirkan. Tetapi sebelum itu, kita akan benahi pedestarian dulu supaya pejalan kaki bisa nyaman," tuturnya.

 

  • Andi Khaerul

 

loading...