Kembangkan SDM, Pemkab Jeneponto Gandeng Fakultas Ekonomi UNM

UNM meminta satu desa untuk menjadi binaan pengembangan SDM.

Kembangkan SDM, Pemkab Jeneponto Gandeng Fakultas Ekonomi UNM
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar bersama Dekan Fakultas Ekonomi UNM, Prof Thamrin Tahir menandatangani MoU di Ruang Pola Panrannuanta, kantor Bupati, Senin (15/3/2021). (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto menggandeng Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam hal pendidikan, pelatihan, penelitian, pendampingan dan pengembangan sumber daya manusia diruang lingkup pemerintahan desa serta kelurahan. Kerja sama ditandatangani Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dan Dekan Fakultas Ekonomi UNM, Prof Thamrin Tahir di Ruang Pola Panrannuanta, kantor Bupati, Senin (15/3/2021).

Dekan Fakultas Ekonomi UNM, Prof Thamrin Tahir mengapresiasi dan berterimah kasih kepada pemerintah daerah lantaran telah diberikan ruang untuk mengabdi di Butta Turatea.

Dia menjelaskan, bahwa penandatangan nota kesepahaman tersebut membuktikan bahwa Jeneponto tidak hanya mengedepankan akuntabilitas tata kelola pemerintahan di tingkat daerah, tetapi juga berkomitmen melakukan pembinaan dan perbaikan tata kelola sampai tingkat desa serta kelurahan.

Ia juga berpandangan, bahwa di Sulawesi Selatan masih banyak Desa dan kelurahan yang membutuhkan pendampingan dan pelatihan tata kelola pemerintahan

"Sekiranya bapak bupati berkenan memberikan satu desa di Kabupaten Jeneponto ini untuk kami jadikan binaan dalam hal tata kelola pemerintahan yang berkaitan dengan perencanaan," ujarnya.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar merespon wacana tersebut. Bahkan, Iksan memberikan ruang mengabdi yang seluas-luasnya kepada Fakultas Ekonomi UNM.

"Tadi pak Prof meminta satu desa untuk dijadikan binaan. Jangankan satu desa, banyak juga tidak apa-apa," ujarnya.

Iksan menyebut bahwa Jeneponto memiliki tiga karakter wilayah yakni pengunungan, dataran rendah dan pesisir.  

"Secara geografis Jeneponto memiliki tiga karakter wilayah, untuk itu saya berharap kepada Pak Prof beserta tim untuk menjadikan satu desa binaan di masing-masing wilayah tersebut," terangnya.

Ia juga meminta kepada OPD terkait untuk segera melakukan aksi dan komunikasi kepada UNM
beserta tim agar program yang telah disepakati segera dijalankan 

"Penandatanganan Nota Kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu upaya penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa serta kelurahan yang lebih baik ke depannya," ucapnya.

Penulis: Akbar Razak/C