Keluar-Masuk Makassar Tak Perlu Lagi Suket Bebas Covid-19

- Dikonfirmasi Dinkes Makassar

Keluar-Masuk Makassar Tak Perlu Lagi Suket Bebas Covid-19
urat keterangan bebas Covid-19 yang dikeluarkan Pemprov Sulsel. (Ilustrasi/KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Surat Keterangan (Suket) Bebas Covid-19 yang menjadi syarat perjalanan untuk keluar-masuk Kota Makassar, Sulsel, kini tak lagi berlaku. 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan kebijakan tersebut telah berlaku sejak Kamis, 15 Oktober 2020. Merujuk pada Gugus Tugas yang telah dibubarkan dan diganti Satuan Tugas Covid-19.


"Sudah beberapa hari yang lalu tutup itu, tidak melayani lagi. Sejak Kamis, tidak ada lagi pelayanan Suket," ucap Naisyah saat ditemui di Hotel Grand Asia, Senin (26/10/2020).


Namun, Dinkes Makassar tetap merekomendasikan pemeriksaan untuk perjalanan namun tak perlu dalam bentuk Suket. Sebagai ganti dari Suket, hasil pemeriksaan rapid test atau swab Covid-19 bisa langsung diperlihatkan oleh petugas bandara atau pelabuhan.


Kebijakan tersebut kata Naisyah, telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, serta PT. Angkasa Pura I di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terkait penghapusan kebijakan Suket Bebas Covid-19.


"Saya sudah bicara dengan kantor KKP, itu sudah tidak ada. Kalau penerbangan udara, memang tidak lagi menggunakan Suket," tuturnya.


Olehnya itu, Naisyah mengingatkan warga yang hendak keluar-masuk Makassar tak lagi mengurus Suket. Wisatawan atau warga yang ingin bertandang ke Makassar cukup membawa hasil pemeriksaan rapid atau swab test Covid-19.


"Cukup hasil pemeriksaan saja, baik itu Rapid Test maupun hasil swab," pungkasnya.

 

Pada Juli 2020, Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel memberlakukan Suket Bebas Covid-19 untuk setiap orang yang keluar dan masuk. 


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B