Kelompok Usia 18-59 Tahun Jadi Sasaran Vaksin Covid-19 di Jeneponto

Pemkab Jeneponto mempersiapkan kebijakan daerah yang mengacu terhadap kebijakan dari pemerintah pusat.

Kelompok Usia 18-59 Tahun Jadi Sasaran Vaksin Covid-19 di Jeneponto
Ketgam: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jeneponto, Susanty Mansyur. (Akbar Razak). 






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto, Sulawesi Selatan, tengah melakukan sosialisasi dalam rangka persiapan terkait vaksinisasi Covid-19 yang rencananya akan dilakukan pada awal tahun 2021.

Pemkab Jeneponto mempersiapkan kebijakan daerah yang mengacu terhadap kebijakan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jeneponto, Susanty Mansyur mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan sosialisasi terkait vaksin itu. "Sekarang kita masih melakukan sosialisasi apa segala macam," ujarnya kepada Kabar.News, Kamis, (24/12/2020).

Mengenai sasaran pemberian vaksin Covid-19, Susanty mengungkap telah mempersiapkan tim-tim yang akan melaksanakan pemberian vaksin. "Karena kita mau sosialisasikan dulu terkait tim-tim yang akan bekerja," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pemberian vaksi ialah kelompok usia 18 tahun hingga 59 tahun."Karena usia 18 tahun sampai usia 59 tahun, jadi pak bupati (Iksan-Iskandar red) sudah lewat," ungkapnya.

Ditanya soal vaksi di bawa umur 10 tahun, ia mengaku tidak terlalu tahu. Pasalnya, vaksin saat ini yang ada itu di usia 18-59 tahun. 

"Jadi untuk saat ini yang ada kriterianya berusia 18 sampai 59 tahun. Secara tekhnisnya pasti tim penelitian sudah meneliti," ungkapnya. 

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi di tengah masyarakat. "Akan kita lakukan itu, dan ini sudah kita lakukan sosialisasi, teman-teman kita di puskesmas sudah bergerak. Kita berharap masyarakat juga paham," terangnya.

Sementara untuk waktu kedatangan vaksin, ia belum bisa memastikan kapan. Selain itu, jumlah vaksin yang untuk di Butta Turatea, ia juga belum bisa memastikan. "Belum tahu yah," pungkasnya. 


Penulis: Akbar Razak/B