Skip to main content

Kekurangan Kalori, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

Kalori
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Kelebihan kalori lazim dianggap sebagai masalah bagi kesehatan. Sejumlah orang bahkan rela menghentikan konsumsi karbohidrat dan mengurangi lemak demi mengurangi kadar kalori dalam tubuhnya. 

Mengurangi kalori memang dapat membentuk tubuh ideal. Namun, bila terlalu berlebihan, kekurangan kalori juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir boldsky, Kamis (11/1/2018), kekurangan kalori dapat menyebabkan efek terjadi pada tubuh seseorang. Berikut ini ulasannya :

1. Mudah merasa lelah

Kalori dapat dikatakan sebagai energi panas dalam tubuh yang ditimbulkan dari proses metabolisme. Maka, kurangnya makanan yang berkalori akan membuat tubuh merasa lemas, dan Anda pun menjadi tidak bergairah sepanjang hari.

2.   rambut mudah rontok

Tubuh manusia membutuhkan protein, zat besi, dan biotin. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, rambut menjadi mudah rontok dan kulit menjadi kusam. Hal ini tentu akan semakin memperburuk penampilan.

3. Berat badan akan tetap sama, meskipun anda melakukan diet dan latihan berat

Kekurangan kalori menyebabkan perlambatan pelepasan hormon tiroid dan hormon seks. 

Selain itu, dampak yang akan ditimbulkan adalah meningkatnya produksi kortisol atau hormon stress, yang tentu akan memperlambat proses metabolisme pada tubuh. 

Hal inilah yang menyebabkan tubuh tidak akan mengalami perubahan, terutama terkait berat badan.