Skip to main content

Kejutan ! Bungkam Qatar, Vietnam Melangkah ke Final Piala Asia U-23

vietnam
Timnas Vietnam U-23 mencetak sejarah di Piala Asia 2018 (AFC).

KABAR.NEWS - Wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-23 2018 mencatatkan sejarah mengagumkan dengan lolos ke partai final. hasil ini diraih Vietnam setelah sukses menghentikan Qatar di semifinal lewat drama adu penalti, Selasa (23/1/2018). 

 

Sepanjang 120 menit pertandingan, kedua kesebelasan bermain imbang sama kuat dengan skor 2-2. Pertandingan lalu dilanjutkan di babak adu penalti. Secara mengejutkan, Vietnam justru sukses membungkam Qatar yang lebih diunggulkan dengan skor 4-3. 


Sejak menit, pertandingan kedua tim menunjukkan partai menarik dengan sama-sama tampil menyerang. Qatar lebih dulu unggul di menit ke-39 lewat gol dari Akram Afif. Ia mencetak gol dari titik putih setelah pemain Vietnam menyentuh bola di kotak terlarang.


Pada babak kedua, Vietnam merespons dengan mencetak gol penyeimbang melalui Nguyen Quang Hai lewat tendangan di menit ke-69.

 

Pertandingan semakin menarik setelah Qatar kembali unggul di menit ke-87 lewat gol Almoez Ali. Beruntung, Quang Hai menyelamatkan asa Vietnam lewat gol indahnya semenit berselang. Babak kedua berakhir dengan kedudukan imbang 2-2. Kemudian di babak tambahan tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim dan berlanjut ke babak adu penalti.

 

Di babak adu penalti Ahmed Moein dan Sultan Al-Brake gagal menjalankan tugasnya. Sementara di kubu Vietnam hanya Quang Hai yang gagal. Penendang terakhir Vietnam, Vu Van Thanh menjadi penentu dan membawa Vietnam menang 4-3.