Skip to main content

Keindahan Air Terjun Tama'lulua Jeneponto yang Menantang

Air Terjun Tama'lulua
Air Terjun Tama'lulua terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulsel. (Kabar.News/Akbar Razak)

KABAR.NEWS, JENEPONTO - Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga di setiap weekend tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi, jika tempat yang dituju menawarkan sejuta keindahan panorama alam pedesaan dengan banyak pilihan spot foto.


Kini, di Sulawesi Selatan (Sulsel) banyak tempat wisata yang menawarkan hal tersebut. Salah satunya yang ada di Kabupaten Jeneponto. Ada satu tempat wisata dinamai "Air Terjun Tama'lulua" yang bisa menjadi pilihan untuk melepas penat di waktu weekend.


Air Terjun Tama'lulua adalah salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Air terjun Tama'lulua juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo. Permandian Air Terjun Tama'lulua di Desa Ramba, menyimpan keindahan dengan panorama alam air terjun alami yang dapat menyejukkan mata pengunjung.


Untuk sampai ke Air Terjun Tama'lulua memang terbilang tak mudah. Ada tantangan terlibih dulu. Kita harus mendaki dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan bebatuan. Butuh kehati-hatian untuk menikmati Air Terjun Tama'lulua. Lintasannya berbukit, terjal, serta memiliki sudut kemiringan sekitar 45 derajat.


Meski begitu, saat sampai di Air Terjun Tama'lulua, segala rasa capek dan lelah akan terbayarkan dengan indahnya suasana alam di lokasi itu. Hamparan ladang jagung membentang luas menambah kesejukan.


Untuk menimati pesona alam Air terjun Tama'lulua, pengunjung hanya dikenakan biaya karcis masuk sebesar Rp2000 untuk pengendara roda dua, dan Rp5.000 untuk pengendara roda empat atau mobil.


Dari Kota Makassar ke Jeneponto memakan waktu kurang lebih 3 jam. Melalui Kabupaten Gowa dan Takalar. Setiba di Jeneponto kota, patung Kuda besar menyambut. Dari situ kita belok kiri, lalu masuk ke Jalan Kelara. Dari Jalan Kelara diperlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Desa Rumbia.


Dari jalan poros Resa Rumbia, kita hanya memerlukan waktu 5 menit untuk sampai tempat parkir. Tak jauh dari tempat parkir, ada baliho besar yang bertuliskan"Air Terjun Tama'lulua". Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo.

Di sini kita tak hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Tama'lulua saja, tapi juga bisa melihat gua Bossolo yang lokasinya tak jauh dari Air Terjun.


Penulis: Akbar Razak/A

 

 

Flower

 

loading...