Kecelakaan Kereta di Taiwan Tewaskan 48 Penumpang

Diduga tabrak truk

Kecelakaan Kereta di Taiwan Tewaskan 48 Penumpang
Proses evakuasi penumpang kecelakaan Kereta di Hualien, Taiwan, Jumat (2/4/2021). (Foto: Taiwan's National Fire Agency)






KABAR.NEWS, Taipei - Sebuah kereta cepat di Hualien, Taiwan, mengalami kecelakaan pada Jumat (2/4/2021). Kereta ini tergelincir di terowongan wilayah bagian timur negara tersebut dan menewaskan 48 menumpang.


Melansir Reuters, kereta ekspres ini membawa hampir 500 penumpang dan melukai 66 orang di dalamnya. Kecelakaan ini disebut sebagai insiden rel terburuk di pulau itu dalam hampir empat dekade terakhir..


Gambar-gambar dari tempat kejadian menunjukkan, gerbong-gerbong di terowongan robek akibat benturan, sementara yang lain ambruk, menghalangi proses penyelamatan penumpang.


"Orang-orang jatuh bertubrukan, di atas satu sama lain," kata seorang perempuan yang selamat dari kecelakaan itu kepada televisi domestik Taiwan. “Itu menakutkan. Ada banyak keluarga di sana."


Kecelakaan itu menewaskan pengemudi kereta yang membawa banyak turis dan orang-orang yang pulang ke rumah pada awal libur akhir pekan.


Kereta ini berangkat dari Taipei, ibu kota Taiwan, ke kota arah tenggara Taitung. Kecelakaan ini diduga karena kereta lepas dari rel setelah menabrak sebuah truk.


Di lokasi tersebut, Menteri Transportasi Lin Chia-lung mengatakan kepada wartawan bahwa telah mengevakuasi sekitar 490 orang, lebih tinggi dari angka sebelumnya 350 yang disediakan oleh petugas pemadam kebakaran.