Kebakaran Ruko di Rantepao Toraja Utara Tewaskan Seorang Anak

- Diduga karena arus pendek

Kebakaran Ruko di Rantepao Toraja Utara Tewaskan Seorang Anak
Petugas pemadam kebakaran dan warga sekitar berusaha memadamkan api yang menghanguskan sebuah rumah toko di Jalan Andi Mappanyuki, Rantepao, Toraja Utara, Senin (20/12/2021). (KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Rantepao - Masyarakat Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, diselimuti duka menjelang perayaaan Natal. Itu setelah sebuah ruko berlantai dua di Jalan Andi Mappanyuki hangus terbakar pada Senin (20/12/2021).


Kebakaran toko yang menjual springbed dan kelengkapan lainnya tersebut mengakibatkan seorang anak berusia 10 tahun bernama Tania, meninggal dunia di tempat kejadian. 


Eviyanti warga sekitar yang menyaksikan kebakaran toko tersebut mengatakan, ia melihat kobakaran api muncul dari lantai dua sekitar pukul 05.00 Wita.


"Tadi subuh jam 05.10 Wita saya melihat api dilantai 2 bangunan tersebut yang sudah mulai membesar dan kami langsung berteriak meminta tolong," ungkap Eviyanti di lokasi kejadian.


Dia mengaku saat api mulai membesar, penghuni ruko yang terdiri dari satu keluarga berusaha untuk menyelamatkan diri. Naas, korban Tania yang masih belia tidak sempat tertolong ketika anggota keluarga lainnya keluar dari toko.


"Pemilik toko hendak masuk menyelamatkan anaknya namun korban yang namanya Tania masih kelas 5 SD tidak sempat menyelamatkan diri dan mengalami luka bakar sehingga menyebabkan korban meninggal dunia di tempat," tambahnya.


Selain Tania, penghuni ruko bernama Rehan berhasil lolos dari amuk si jago merah meski mengalami luka bakar pada seluruh bagian tubuh. Dia saat ini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit terdekat.


Sementara Danramil 02/Rantepao, Lettu Inf. Alwi yang ditemui KABAR.NEWS di lokasi mengatakan, korban meninggal dunia akibat luka bakar. Adapun korban bernama Rehan masih berjuang di UGD Rumah Sakit Elim Rantepao.


"Dengan bantuan dari Babinsa yang ada, masyarakat setempat dan unit pemadam kebakaran, adapun dugaan sementara kebakaran tadi akibat konsleting arus listrik," pungkasnya.


Seluruh isi toko bangunan tersebut yakni peralatan lemari, kursi, springbed dan lainnya ludes terbakar dengan perkiraan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.


Penulis: Febrian/A