Kebakaran di Tamalatea Jeneponto Hanguskan Rumah Tua dan Hand Traktor

- Diduga karena arus pendek

Kebakaran di Tamalatea Jeneponto Hanguskan Rumah Tua dan Hand Traktor
Puing-puing kebakaran rumah di Dusun Parang Bembeng, Desa Karelayu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, hagus terbakar pada Selasa (14/12/2021). (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Satu unit rumah panggung di Dusun Parang Bembeng, Desa Karelayu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, hagus terbakar pada Selasa (14/12/2021). 


Pantauan KABAR.NEWS, kebakaran ini mengakibatkan satu unit hand traktor ikut terbakar. Pemilik rumah bernama Rahmawati, sesekali menangis melihat rumahnya ratah dengan tanah.


Warga bernama Jamal Afrianto mengatakan kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 15.30 WITA,  saat pemilik rumah tidak berada di tempat.


"Waktu kejadian pemilik rumah tidak ada, dia (korban-red) pergi ke Polsek Tamalatea karena ada urusan," ujar Jamal Afrianto kepada KABAR.NEWS.


Korban baru mengetahui rumahnya terbakar setelah mendapat telepon dari warga. "Baru sampai di kantor polisi, dia dapat telepon rumahnya sudah kebakaran," jelasnya.


Diketahui, rumah yang hangus terbakar ini merupakan salah satu rumah tua di Desa Karelayu.  Rumah tersebut berdiri sejak tahun 1971. Kala itu, suami Rahmawati merupakan kepala desa.


Dia menduga, penyebab kebakaran ini dipicu akibat korsleting listrik sebab api terbakar pada bagian depan rumah. "Kalau menurut keterangan di sini, alur listrik karena api dari depan ke belakang," terangnya.


Jamal mengatakan tak ada satupun harta benda milik korban berhasil terselamatkan. Api mulai padam setelah empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Beruntung, peristiwa ini tidak menelan korban jiwa hingga korban luka-luka.


"Tidak ada yang diambil sedikit pun. Hanya kartu ATM yang dibadanya selamat. Api pada sekira pukul 17.12 wita," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A