Kata Hasto soal Risma atau Gibran Kader PDIP di Pilkada DKI Jakarta

*Banyak kader PDIP miliki kualitas

Kata Hasto soal Risma atau Gibran Kader PDIP di Pilkada DKI Jakarta
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Pdiperjuangan.id)






KABAR.NEWS, Jakarta - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya punya kader berkualitas untuk ikut Pilkada DKI Jakarta 2024. Dua nama di antaranya adalah Tri Rismaharini dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming.


Hasto menjelaskan, Risma yang saat ini menjabat Menteri Sosial, punya bekal yang cukup untuk memimpin DKI Jakarta. Dia mengklaim, kerja-kerja Risma yang pernah memimpin Surabaya dua periode telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


"Bu Risma dalam kepemimpinan selama 2 periode di Kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan perubahan secara kultur," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Jumat (7/1/2022). 


Selain Risma, Hasto menyebut nama Abdullah Azwar Anas yang dianggap berhasil memimpin Banyuwangi, Jawa Timur, selama dua periode. Ada juga Hendrar Prihadi atau Mas Hendy, Wali Kota Semarang yang juga dianggap sebagai sosok muda berhasil.


"Cukup banyak calon pemimpin, karena proses kaderisasi di sekolah partai, mereka layak untuk dicalonkan di Jakarta. Tapi skala prioritas saat ini untuk PDI Perjuangan adalah memperkuat seluruh jejaring partai hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Jakarta," papar Hasto.


Bagaimana dengan Gibran? Putra Presiden Joko Widodo itu menurut Hasto masih perlu membuktikan kepemimpinannya di Solo, seperti yang dilakukan Risma. 


Hasto mengungkapkan bahwa Gibran banyak menimbu ilmu kepada Risma sebagai seniornya di PDIP dalam memimpin Solo. Gibran katanya, diajari Risma dalam berbagai aspek strategis tentang bagaimana membangun kota agar lebih manusiawi.


"Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Wali Kota Solo tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran agar kepemimpinan yang ideologis yang mengedepankan juga kultur nusantara, serta mampu membawa perubahan secara sistemik sebagaimana telah dilakukan oleh Bu Risma juga dapat dilakukan oleh Mas Gibran," beber Hasto.


Meski demikian, Hasto menegaskan bahwa PDIP belum memikirkan untuk mengusung siapa di Pilkada DKI Jakarta. Partai berlambang moncong putih saat ini fokus melakukan kerja-kerja sosial.


Selain itu, lanjut Hasto, siapapun yang saat ini diperbincangkan untuk menjadi bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, dia memastikan mekanisme di PDIP sudah jelas mengenai penentuan calon.

 
"Bagi PDI Perjuangan, keputusan berada di Ibu Megawati Soekarnoputri," tandas Hasto.