Skip to main content

Kasus Kematian Aldama, Menhub Nonaktifkan Direktur ATKP Makassar

ATKP Makassar
Almarhum Aldama Putra Pongkala (19) yang menjadi korban kekerasan senior kepada juniornya di ATKP Makassar.(IST)


KABAR.NEWS, Makassar - Kasus penganiayaan yang menyebabkan kematian Taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Aldama Putra Pongkala (19) akhir membuat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menonaktifkan Direktur ATKP Makassar Agus Susanto. 


Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (10/2/2019) kepada KABAR.NEWS, Kemenhub sudah melakukan investigasi dan pertemuan internal untuk mengungkap kasus kematian Aldama.


Baca Juga:


"Setelah kami melakukan investigasi dan pertemuan internal, kami memutuskan menonaktifkan Direktur ATKP Makassar dan menskorsing satu orang untuk menjalani pemeriksaan pihak kepolisian," ujar Menhub Budi Karya Sumadi, 


Selain psosisi Direktur ATKP Makassar yang dinonaktifkan, Budi juga mengganti seluruh personel ATKP Makassar yang diduga terlibat.


"Berdasarkan hasil investigasi internal, kami memutuskan untuk melakukan pergantian personel terhadap seluruh lini di ATKP Makasar yang terlibat pada saat kejadian," tegasnya.


Diberitakan sebelumya, dalam kasus kematian Taruna ATKP Makassar, Aldama Putra Pongkala, polisi sudah menetapkan satu tersangka yakni M Rusdi. Akibat perbuatannya, Rusdi dijerat Pasal 338 KUHP dan/atau 351 ayat (3) KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara. 

  • Lodi Apriyanto