Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes: Harus Kita Renungi

Kemenkes mencatat 600 tenaga medis di Indonesia meninggal dunia.

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkes: Harus Kita Renungi
Ilustrasi Covid-19.






KABAR.NEWS, Jakarta - Kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah, bahkan data Satuan Tugas Covid-19 mencatat hingga Selasa (26/1/2021) sudah tembus 1 juta. Angka kasus tersebut membuat Indonesia menjadi negara tertinggi di ASEAN dalam kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin merespon angka kasus Covid-19 di Indonesia sudah tembus 1 juta. Kondisi itu pun membuat dirinya dipanggil Presiden Joko Widodo untuk rapat terbatas. 

"Angka ini punya makna dua hal yang harus kita sadari dan renungi. Pertama saatnya kita untuk berduka, karena orang meninggal dunia termasuk tenaga kesehatan," ujarnya saat jumpa pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).  

Ia mengungkapkan berdasarkan data Kementerian Kesehatan, setidaknya ada 600 tenaga kesehatan meninggal dunia menghadapi pandemi Covi-19. Ia menegaskan pemerintah sangat merasakan duka. 

"Momen pertama yang harus kita lalui. Bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," tuturnya.

Selain itu, Budi juga mengatakan banyaknya angka positif Covid-19 ini harus membuat masayarakat sadar. Sehingga diperlukan kerja keras untuk membantu pemutusan penyebaran COVID-19.

"Momen kedua, kita juga harus sadar, bahwa kita harus terus bekerja sangat keras. Sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan, itu tidak sia-sia, sebagai mana bekerja keras ke depan. Bekerja sangat keras bekerja ekstra," tuturnya.