Kasus Baru, Es Krim di Cina Terkontaminasi Virus Corona

- Es krim telah terdistribusi

Kasus Baru, Es Krim di Cina Terkontaminasi Virus Corona
Ilustrasi Es Krim. (Unsplash/anna_tukhfatullina)






KABAR.NEWS, Beijing - Pemerintah Cina melaporkan kasus baru penularan Virus Corona atau Covid-19. Bukan menular ke manusia, virus mematikan ini disebut menular ke dalam es krim.


Melansir New York Post, Sabtu (16/1/2021) para pejabat kesehatan setempat yakin bahwa ada 4.836 kotak es krim dari pabrik di China Utara terkontaminasi Covid-19. (Lihat juga: Tewaskan Nakes, Virus Baru Ditemukan Mirip Gejala Demam Berdarah)


Penemuan ini berawal dari tiga sampel es krim yang diuji positif Covid-19. Yang membuat khawatir adalah, perusahaan telah mendistribusikan 2 ribu lebih kotak es krim yang diduga tertular Covid-19. Hanya 2.089 kotak es krim yang bisa disita tepat waktu.


Es krim yang diduga tertular Corona tersebut diproduksi oleh Perusahaan Makanan Daqiaodao Tianjin. Setelah kabar ini, perusahaan terpaksa mengkaratina 1.662 karyawan.


Lantas, mungkinkah Es Krim tersebut terkontaminasi Covid-19? seorang Virolog di Universitas Leeds di Inggris, Stephen Griffin, memberikan penjelasan. Menurut dia, penularan Corona dari pekerja pabrik ke es krim dapat terjadi karena faktor kebersihan. (Lihat juga: VIDEO: Pijat Pakai Puluhan Ular, Berani Coba?)


“Kemungkinan besar ini adalah akibat dari masalah dengan proses produksi di pabrik dan berpotensi turun ke aspek kebersihan pabrik," kata Griffin.


Griffin menjelaskan virus bisa bertahan di produk karena suhu dingin dan lemak es krim. Ia pun, mengimbau masyarakat tidak panik atas kasus baru tersebut.


“Kita mungkin tidak perlu panik bahwa setiap es krim tiba-tiba akan terkontaminasi virus corona,” tambah Griffin.


Pejabat kesehatan Cina meminta masyarakat yang telah menkonsumsi es krim tersebut harus melaporkan kondisi mereka sehingga departemen kesehatan  dapat melacak potensi penularan.