Kapolri usul Pemeriksaan Hasil Swab untuk Nginap di Hotel

Selain terapkan 3T

Kapolri usul Pemeriksaan Hasil Swab untuk Nginap di Hotel
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan industri perhotelan memberlakukan pemeriksaan hasil tes Swab Covid-19, sebagai syarat setiap tamu menginap di hotel.


Pernyataan Sigit disampaikan pada bincang-bincang Industri Event dan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MISE) yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara virtual di Jakarta, Selasa kemarin.


Menurut Listyo Sigit, penerapan hasil tes swab untuk menginap di hotel perlu dilakukan selain daripada pengecekan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, juga perlu diterapkan 3T (testing, tracing, dan treatment).


"Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang datang serta memperlihatkan kepada pengunjung bahwa pihak hotel betul-betul memiliki SOP yang ketat dan disiplin," ujar Sigit dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Rabu (10/3/2021).


Pemeriksaan hasil swab juga dianggap sejalan dengan pedoman protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) yang dibuat Kemenparekraf untuk industri perhotelan.


Mengenai pelaku event akan menggelar konser musik, Kapolri Sigit mendukung dengan catatan benar-benar menerapkan prokes yang ketat. Dia juga mengusulkan acara konser dipadukan dengan PPKM mikro pada wilayah-wilayah yang tidak menerapkan program tersebut.


"Manakala jika pelaksanaan event tersebut ditemukan peserta yang ternyata positif, bisa langsung dilakukan tracing. Dengan demikian maka kegiatan event bisa berlangsung dengan baik dan langkah-langkah untuk menekan laju penyebaran Covid-19 juga tetap bisa diterapkan,” kata Listyo.

Pada prinsipnya, Sigit mengatakan akan mendukung seluruh program yang disiapkan oleh Kemenparekraf dan pelaku event dan MICE. Dengan catatan, baik pihak penyelenggara dan peserta event dan MICE harus betul-betul menerapkan prokes yang ketat dan disiplin.