Skip to main content

Kapal Cruise MS Coral Dilarang Masuk Makassar

Kapal Cruise MS Coral
Kapal MS Coral.(int)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Kapal Cruise MS Coral yang berasal dari Australia dikabarkan bakal kembali sandar di Kota Makassar, Rabu (1/4/2020). Akan tetapi, rencana tersebut dibatalkan. 


Pembatalan ini berdasarkan  keputusan dari pihak Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut. Melalui surat edaran nomor 13 Tahun 2020 tanggal 26 Maret 2020 mengenai pembatasan akses jalur masuk transportasi laut ke Pelabuhan. 


Surat edaran tersebut dikeluarkan menyusul adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Mengingat Kota Makassar  telah berstatus tanggap darurat Covid-19


Kabid Lalu Lintas Laut Otoritas Pelabuhan (OP) Makassar, Sirajuddin membenarkan hal ini. Padahal, kata dia, kapal tersebut direncanakan berlabuh di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.


“Kapal tersebut batal untuk singgah di Makassar,” singkat Sirajuddin, saat dihubungi, Rabu (1/040/2020).


“Surat edaran itu berisi tentang pembatasan penumpang di kapal angkutan logistik dan pelayanan pelabuhan, selama masa darurat penanggulangan covid-19,” sambungnya.


Sebelumnya, Kapal Coral MS Adventure ini sempat berlabuh di Makassar pada 12 Maret lalu. Pihak OP dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengizinkan kapal tersebut sandar dengan mengikuti SOP yang berlaku untuk mencegah penyebaran Corona.


Sirajuddin mengungkap bahwa Coral MS tersebut ingin kembali bersandar. Namun, pihaknya melarang kapal Australia ini datang. 


“Datang dengan kapal yang sama, tapi penumpang yang berbeda. Tapi untuk menanggapi situasi saat ini, kami tidak bisa izinkan.  Juga belum pasti," pungkasnya.


Penulis: Fitira Nugrah Madani/B 

 

Flower

 

loading...