Skip to main content

Kades Sicini Titip Program Penting Pada Mahasiswa KKN UIN Alauddin

Kades Sicini Titip Program Penting Pada Mahasiswa KKN UIN Alauddin
Seminar Program kerja  Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar angkatan 60 di Desa Sicini, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. (IST)

KABAR.NEWS,Gowa - Kepala Desa (Kades) Sicini, Risal Saido menyambut baik kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar di Desa Sicini, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. Kamis (07/03/2019).

 

Selain UIN Alauddin Makassar, Desa Sicini juga telah menerima mahasiswa dengan Program yang sama, yaitu mahasiswa program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA).

 

Risal mengatakan, perlu ada kegiatan luar biasa yang dilakukan secara kolaborasi oleh tiga kampus. "Untuk pertama kalinya ada tiga kampus yang melaksanakan KKN di Desa Sicini. Saya pikir teman-teman harus menghasilkan satu kegiatan yang berkolaborasi dengan tiga kampus yang ada. Apalagi latar belakangnya juga beda, pasti kegiatan dihasilkan akan luar biasa," jelasnya saat memberi sambutan pada Seminar Program Kerja KKN UIN Alauddin Makassar. 

 

Ia juga berharap, sebagai desa yang dijadikan mitra, mahasiswa utusan KKN UIN Alauddin Makassar adalah yang paling berkesan."Itu karena mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang pro untuk masyarakat. Misalnya pengadaan batas desa. Tren positif yang telah dibangun oleh mahasiswa KKN terdahulu perlu dilanjutkan, dan dijaga," ujarnya.

 

Ia juga berpesan agar mahasiswa tidak berpikir soal orientasi kerja dan menghasilkan uang dulu, tapi bagaimana berguna bagi tanah kelahiran."Saya menitipkan satu program, tapi tidak menyebutkan detailnya. Paling penting adalah program yang bisa diingat oleh masyarakat," tuturnya.

 

Risal Saido berharap, kiranya program kerja nanti bisa menyentuh masyarakat terutama dibidang pendidikan."Hal ini jadi penting karena merupakan bekal masa depan dan pondasi yang kiat dalam menghadapi perubahan-perubahan kedepan," pungkasnya.

 

Sementara itu, Koordinator Desa (Kordes) mahasiswa KKN UIN Alauddin angkatan 60, M Rijal B Akmal mengatakan, program yang ditawarkan berdasarkan hasil survei. "Kami sudah membagi waktu untuk observasi selama kurang lebih enam hari. Bahkan, sebelum seminar, kami telah melakukan beberapa program fisik di kantor desa," ujarnya.

 

S

 

Rijal menegaskan, program kerja memang di prioritaskan untuk tiga bidang, yakni keagamaan, pendidikan dan olahraga. "Kami juga telah berkomunikasi dengan tokoh penting di Sicini," demikian M Rijal.

 

 

  • Afrilian Cahaya Putri

 

 

 

 

loading...