Kades di Buteng Ikut Nyaleg, Pj Bupati: Kadis PMD Belum Melapor

* Segera dipanggil

Kades di Buteng Ikut Nyaleg, Pj Bupati: Kadis PMD Belum Melapor
Penjabat Bupati Kabupaten Buteng, Andi Muhammad Yusuf. (IST)

KABAR.NEWS, Buteng - Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Muhammad Yusuf akan memanggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) untuk menindak beberapa kepala desa (Kades) yang berstatus bakal caleg dan belum mengundurkan diri.


Yusuf yang belum lama mejabat sebagai orang nomor satu di Buteng, mengaku belum mengetahui secara rinci mengenai persoalan tersebut.


"Terkait itu secara teknis saya akan cek di PMD karena Kadis PMD belum laporkan ke saya. Nanti setelah selesai kegiatan lomba desa saya akan panggil menghadap," kata Yusuf saat ditemui di kantornya, Rabu (21/06/2023)


Yusuf mengetahui bahwa pihaknya sejak bulan lalu sudah menyurati Kades yang ikut nyaleg agar mengundurkan diri. Namun Ia merasa heran mengapa sampai saat ini belum ada di antara kades yang mengindahkan surat tersebut.


"Kalau surat tentang imbaun kata pak Sekda secara institusi kita sudah sampaikan kepada Pemdes," jelas Yusuf.


Yusuf berpendapat, seharusnya kades yang maju sebagai caleg harus mengajukan surat pengunduran diri kepada Dinas PMD setempat sesuai aturan berlaku.


"Itu kita lihat dulu aturan mainnya seperti apa. Kalau memang sudah terbukti ada surat keanggotaan dari parpol ataupun memang ada klausul yang mengatur bahwa nanti setelah DCT (Daftar Calon Tetap) itu ada nanti kita lihat aturannya. Nanti saya akan tanyakan mereka lewat PMD selaku dinas terkait," tandas Pj Bupati Buteng.


Penulis: Agusrianto/B