Kader Posyandu Torut Diharap Jadi Garda Terdepan Kesehatan Ibu & Anak

Kader Posyandu binaan TP PKK Torut

Kader Posyandu Torut Diharap Jadi Garda Terdepan Kesehatan Ibu & Anak
Pembukaan Lomba yang digelar oleh TP PKK Torut di ruang Pola kantor Gabungan Dinas, Tondon Marante,Torut, Sulawesi Selatan, Rabu (29/9/2021). (KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Rantepao - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulsel, menggelar acara lomba Administrasi Posyandu dan Penyuluhan Posyandu dirangkaikan dengan Pencanangan Kebut Vaksin di ruang Pola kantor Gabungan Dinas, Tondon Marante,Torut, Sulawesi Selatan, Rabu (29/9/2021).


Kegiatan tersebut mengusung tema "Anak Toraja 'Sehat, Cerdas, Ceria dan Berahlak Mulia Melalui Peran PKK di Posyandu". Adapun lomba administrasi posyandu dan lomba penyuluhan diikuti oleh 21 peserta dari setiap kecamatan.


Ketua TP PKK Kabupaten Torut Agustina M. Bassang dalam sambutannya mengatakan, lomba administrasi posyandu dan penyuluhan kader posyandu merupakan salah satu upaya bersama mewujudkan kesehatan masyarakat.


"Sebagaimana kita tahu bersama bahwa posyandu adalah bentuk upaya kesehatan dasar terutama yang berkaitan dengan penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita dalam pelayanan kepada masyarakat," ungkap Agustina.


Menurut Agustina, posyandu juga merupakan upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan kader PKK. Dia berpendapat, PKK sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat melalui posyandu.


Agustina menjelaskan keberhasilan suatu posyandu dalam melaksanakan program dan kegiatan PKK ditentukan oleh kerja dan karya kader. Maka dari itu, PKK diharap terus menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik. 


"Juga diharapkan akan adanya ketulusan dan keikhlasan serta dapat bersinergi dengan petugas kesehatan dan pemerintah sehingga untuk mewujudkan visi dan misi bapak bupati dan wakil bupati Toraja Utara yaitu 'terwujudnya masyarakat yang mandiri berbudaya dan berdaya saing' dapat tercapai apabila didukung oleh karya dan pengabdian para kader posyandu yaitu melahirkan generasi dan masyarakat yang sehat dan sejahtera," terangnya.


Sementara Bupati Torut, Yohanis Bassang selaku Pembina TP PKK Torut dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik bagaimana kader posyandu menata administrasi tentang posyandu.


Ombas, sapaan akrabnya, menyarankan agar PKK selaku kader posyandu harus memahami dan menjadi narasumber penyuluhan kesehatan ketika berada di Lembang dan lingkungan masing- masing kepada masyarakat setempat.


"Ibu- ibu punya tanggung jawab yang besar dalam keluarga, menata rumah tangga, mengurus anak dan suami serta mengatur keuangan keluarga. PKK sangat menunjang karir seorang suami oleh sebab itu seorang ibu harus sabar, menjaga keharmonisan dan kemesraan dan saling menghargai dalam rumah," kata Ombas.


Berikut hasil lomba penyuluhan Posyandu:


Juara 1 Kecamatan Kesu
Juara II Kecamatan Baruppu
Juara III Kecamatan Sesean Suloara


Berikut hasil lomba administrasi Posyandu:


Juara I  Kecamatan Balusu
Juara  II kecamatan Tallunglipu
Juara III Kecamatan Kapalapitu


Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan pohon Uru oleh Ketua TP PKK Kabupaten kepada masing-masing peserta dan dilanjutkan penyerahan hadiah kepada masing- masing pemenang.


Penulis: Febriani/B