Jubir sebut Respons Cak Imin terkait Pertanyaan SGIE Gibran sudah Tepat

Menurut Ramli Rahim penampilan Cak Imin pada debat Cawapres sudah sangat baik

Jubir sebut Respons Cak Imin terkait Pertanyaan SGIE Gibran sudah Tepat
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada cawapres perdana, Jumat (22/12/2023). (YouTube/Metro Tv)

KABAR.NEWS, Jakarta - Juru Bicara Timnas Anies - Muhaimin (AMIN), Muhammad Ramli Rahim menyebut respons Muhaimin Iskandar terhadap pertanyaan Gibran Rakabuming soal kepanjangan dari SGIE pada debat cawapres dianggap sudah tepat.


Ramli menilai, Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar, sudah tampil sangat baik dalam debat Cawapres yang digelar di Jakarta pada Jumat (22/12/2023). Cak Imin dengan slepetnya memang sudah sangat baik dan mampu menguasai panggung.


"Terkait pertanyaan Gibran soal SGIE, sangat wajar jika Cak Imin bertanya balik karena itu adalah sebuah singkatan yang membutuhkan penjelasan atau paling tidak membutuhkan kepanjangan dari singkatan yang dimaksud," kata Ramli Rahim dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/12/2023) dini hari.


Ramli Rahim memberi contoh singkatan dari PKS. Dalam konteks politik, singkatan itu kepanjangan dari Partai Keadilan Sejahtera, tapi dalam konteks lain bisa juga Pabrik Kelapa Sawit dan lainnya.


Selain itu, contoh lainnya, PSK bukan hanya Pekerja Seks Komersial tapi juga bisa menjadi Penterjemah Setiap Kepanjangan.


"Bisa saja PSK itu Penjual Susu Kedelai atau Pemakai Sarung Kotak-kotak bahkan Penyuka Sate Kambing pun bisa PSK, Pemuda Sudah Kinclong, Pemudi Suka Keributan bahkan Perempuan Setengah Kutukupret pun PSK," katanya.


"Jadi sesungguhnya Cak Imin bertanya apa yang dimaksudkan oleh Gibran adalah sebuah kewajaran," imbuh Ramli Rahim.


Ramli berpendapat, yang tidak wajar justru adalah Gibran yang membuat pertanyaan yang tidak jelas. Jubir AMIN mengibaratkan dalam dunia pendidikan. Jika soal ujian yang tidak jelas, memang seharusnya tak mendapatkan jawaban.

Selain membela penampilan Cak Imin, Jubir Timnas AMIN Ramli Rahim juga menyoroti
Moderator Debat Cawapres Perdana Pilpres 2024 yakni Alfito Deannova.


Ramli menilai, Alfito jauh lebih keliru, bukannya meminta Gibran memperjelas SGIE yang dimaksud, malah dianggap memotong waktu Cak Imin dan menganggap permintaan memperjelas itu sebagai bagian dari jawaban. 


"Apakah Alfito Deannova memang tak paham metode debat atau metode soal jawab atau memang dirinya juga dalam keberpihakan?" kata Ramli Rahim.


Ramli juga mengkoreksi istilah SGIE yang diajukan Gibran sebagai pertanyaan untuk AMIN. Menurutnya, istilah SGIE tidak tepat karena yang benar sesungguhnya adalah SGIER atau The State of Global Islamic Indicator Report (SGIER).


"Jadi pertanyaan Gibran ini memang sangat tidak jelas. Bahkan jika dicari dengan menggunakan chatGPT, SGIE yang muncul malah Scalable Graph Inference Engine yang saya yakin Gibran pun akan bingung tentang hal tersebut," kata Ramli.


"Namun setelah mendapatkan informasi yang cukup soal SGIE yang dimaksud Gibran maka mengalirkan jawab Cak Imin," tandasnya.