Skip to main content

JPU Eksekusi Buronan Korupsi Pembangunan Kolam Renang Parepare

salahuddin kajati sulselbar
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin. (KABAR.NEWS/Andi Frandi)

KABAR.NEWS, Makassar - Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengeksekusi buronan terpidana kasus korupsi pembangunan revitalisasi kolam renang Ujung Lare pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Parepare tahun anggaran 2015.

Buronan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) terpidana atas nama Hendrik Rahman, berhasil ditangkap dalam pelariannya ke Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam penangkapan, JPU dibantu tim Intelijen Kejati Kaltim.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin mengatakan, penangkapan terhadap buronan terpidana tersebut berdasarkan informasi yang menyebutkan bahwa, terpidana berada di Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin (10/9/2018).

Tim JPU, kata Salahuddin, berhasil mengamankan DPO itu dengan bantuan pihak intelejen Kejati Kaltim dan aparat Polsek setempat. "JPU telah melakukan penangkapan dan mengeksekusi buronan tersebut," kata Salahuddin, Selasa (25/9/2018).

Usai dieksekusi, DPO langsung dijebloskan di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Makassar, untuk menjalani hukuman pidana penjara. Terpidana dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun, berdasarkan putusan eksekusi PN Pare-pare tahun 2010, dengan putusan nomor: 70/PIDB/2010 kejaksaan negeri Parepare. Terpidana sudah diamankan di Lapas klas I Makassar dan dalam kasus itu, dianggap volume pekerjaan kurang," tutupnya.

  • Andi Frandi