Jokowi Tunjuk SYL Jabat Menteri KKP 8 Hari

Luhut ke luar negeri

Jokowi Tunjuk SYL Jabat Menteri KKP 8 Hari
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL. (KABAR.NEWS/IRVAN ABDULLAH)






KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Ad Interim atau untuk sementara.


Penunjukan rangkap jabatan SYL berdasarkan surat keputusan Menteri Sekretaris Negara nomor B-918/M.Sesneg/D-13/AN.00.03/12/2020 yang ditandatangani Mensesneg Pratikno, Rabu (2/12/2020).


Berdasarkan surat itu, SYL ditunjuk karena Menteri KKP ad interim yang diisi oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja keluar negeri.


"... Dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Bidang kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri kelautan dan Perikanan Ad Interim," tulis Mensesneg Pratikno dalam suratnya, Rabu. 


Presiden Jokowi menunjuk SYL merangkap Menteri KKP untuk 8 hari ke depan atau sesuai izin kunjungan luar negeri Menko Luhut mulai 2 sampai 10 Desember 2020.


Sebelumnya, Edhy Prabowo mundur dari jabatan Menteri KKP karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan gratifikasi izin ekspor benih lobster atau benur.