Jokowi Lantik Eks Panglima TNI Jadi Menteri ATR, Zulkifli Hasan Jabat Mendag

- Politisi PSI juga dilantik sebagai wakil menteri

Jokowi Lantik Eks Panglima TNI Jadi Menteri ATR, Zulkifli Hasan Jabat Mendag
Presiden Joko Widodo melantik dua menteri dan tiga wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024 di Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Setkab)






KABAR.NEWS, Makassar - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri (wamen) sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).


Dua menteri baru yang dilantik Jokowi adalah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Jabatan ini sebelumnya diduduki oleh Sofyan Djalil.


Kemudian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dilantik sebagai Menteri Perdagangan atau Mendag yang sebelumnya dijabat Muhammad Luthfi.

Selain menteri, Jokowi juga melantik tiga Wakil Menteri atau Wamen. Mereka adalah Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.


Usai pembacaan Keppres, Jokowi kemudian memimpin pengucapan sumpah jabatan para menteri dan wamen Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 tersebut.


“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.


Turut hadir dalam pelantikan antara lain Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.


Kemudian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.


Hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Sumber: Setkab)