Job Fit Pejabat Bulukumba, Daud Kahal Beberkan Tugas Peserta

- Diikuti 28 peserta untuk rotasi jabatan Januari 2022

Job Fit Pejabat Bulukumba, Daud Kahal Beberkan Tugas Peserta
Pejabat Pemkab Bulukumba saat mengikuti Uji Kompetensi. (Ist/Hms)

KABAR.NEWS, Bulukumba - Sedikitnya 28 aparatur sipil negara Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mulai mengikuti uji kompetensi atau job fit untuk mengisi jabatan eselon 2B pada jabatan tinggi pratama.


Mereka mengikuti tes tertulis dan tes wawancara sebagai rangkaian job oleh panitia seleksi yang berlangsung selama 2 hari di Kantor Bappeda Bulukumba, Sabtu - Minggu (18/12/2021).


Sekda Bulukumba Ali Saleng mengatakan, job fit ini dalam rangka rotasi jabatan yang akan digelar pada Januari 2022. Mereka yang berhak menduduki jabatan tinggi pratama adalah yang memenuhi persyaratan sesuai standar kompentesi yaitu aspek manajerial, teknis dan sosio kultural.


"Job Fit dimaksudkan untuk mendapatkan kesesuaian antara kompetensi dan kinerja yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Pimpinan Tinggi Pratama serta dalam rangka pemenuhan kebutuhan organisasi sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah," kata Ali Saleng dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/12/2021).


Menurut Ali, pejabat yang diharap Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba adalah pejabat yang mampu melaksanakan tugas- tugas pemerintahan guna pencapaian target pembangunan yang telah direncanakan sebagaimana tertuang dalam RPJMD.


"Bupati Bulukumba juga menyerahkan sepenuhnya proses dan hasil Job Fit ini kepada Panitia Seleksi yang akan bekerja secara professional sesuai tanggungjawab dan kewenangan yang diberikan," terang Ali Saleng.


Kepala Dinas Kominfo Bulukumba Daud Kahal sebagai salah satu peserta job fit mengungkapkan pengalaman mengikuti proses seleksi. Dia menjelaskan, sebelum mengikuti job fit, peserta harus membuat makalah yang memetakan potensi apa yang akan dikembangkan pada OPD yang dituju atau diminati.


Dalam proposal itu juga disertai capaian apa yang harapkan jika menduduki atau memimpin OPD tersebut. Pemetaan potensi yang dimaksud, kata Daud, harus sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf - Andi Edy Manaf, sehingga hal ini menjadi acuan dan pertimbangan panitia seleksi dalam memberikan penilaian.


"Kita (peserta job fit) diberikan dua pilihan OPD mana yang diminati untuk dijabat," ringkas Daud Kahal yang juga pernah mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba.


Dalam Uji Kompetensi ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menunjuk Prof. Aminuddin Ilmar selaku Ketua Panitia Seleksi, Dr. Aslam Patonangi selaku sekretaris, serta tiga orang anggota yaitu Ir. Misbawati A. Wawo Dr. Ir. Andi Irwan Nur dan Dr. Sitti Murdiana Muin.


Adapun hasil job fit oleh panitia seleksi akan ditetapkan pada 22 Desember 2021, untuk selanjutnya disampaikan ke Bupati Bulukumba selaku pejabat pembina kepegawaian.


Penulis: Syarif/C