Jika 4 Paslon, Ini Simulasi Paket Pilkada Jeneponto Versi IPI

Sejumlah figur

Jika 4 Paslon, Ini Simulasi Paket Pilkada Jeneponto Versi IPI
Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris. (Instagram/amirsuwadiidris)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir memprediksi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jeneponto, Sulawesi Selatan, akan diikuti 4 pasangan calon.


Nama-nama yang disebut berpeluang bertarung adalah Ashari Fakhsiri Rajamilo, Mulyadi Mustamu, Paris Yasir, Syamsuddin Carlos dan Muh. Syarif.


Dia menambahkan, akan muncul nama  Istri Bupati Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan (Kr Intan) dan Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin. Kedua nama ini dinilai berpotensi muncul sebagai kuda hitam.


"Potensi simulasi yang terjadi dari nama-nama tersebut bisa sampai empat pasangan," ujar Suwadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa kemarin.


Suwadi lantas mensimulasikan paket Pilkada Jeneponto, dengan Ashari Radjamilo berpasangan Syafruddin Nurdin. Sedangkan, Syamsuddin Carlos  dengan Baharuddin Jusuf.


Suwadi menilai Mulyadi Mustamu atau Karaeng Tinggi bakal dipaketkan dengan Hamsiah Iksan atau dengan Alamsyah Mahadi. Dan terakhir, Anggota DPRD Sulsel Muh. Syarif dengan Paris Yasir atau sebaliknya.


Meski simulasi tersebut telah dipredisksi untuk berpasangan, hanya saja, itu semua masih analisa awal.


"Tapi ini hanya analisa awal yang tentu masih sangat tentatif. Karena masih terbuka potensi-potensi figur lain muncul dan merubah skenario pasangan," tandas Suwadi yang dua periode berturut-turut memenangkan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar di Pilkada 2013 dan 2018 silam. 


Penulis: Akbar Razak/B