Skip to main content

Jerinx SID bakal Debat RUU Permusikan Dengan Anang Hermansyah

Jrx SID bakal Debat RUU Permusikan Dengan Anang
Ilustrasi polemik RUU Permusikan antara Jrx Sid dengan Anang Hermansyah. (Instagram/KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemain drum Superman Is Dead (SID), Jerinx (41) bakal berdebat dengan Anggota DPR RI, Anang Hermansyah, terkait dengan polemik Rancangan Undang-undang Permusikan.


Baca juga: Pencipta Lagu Yanto Sari Ditangkap Polisi Gara-gara Narkoba

Melalui akun instagram miliknya, @Jrxsid mengumumkan bahwa dirinya akan beradu gagasan dengan Anang selaku inisiator RUU Permusikan yang menuai pro dan kontra.


"13 feb ini saya vs anang akan debat live di TV. Penting dicatat: Jikapun itu nanti batal maka itu sepenuhnya karena ketidaksanggupan pihak anang," demikian kata-kata pada unggahan @jrxsid, Rabu (6/2/2019).


Para pegiat musik yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan mengkritik sejumlah pasal yang dinilai bermasalah dalam draf tersebut. 


Dilansir dari Tempo, beberapa pasal bermasalah di antaranya pasal 5 dan 50, yang mengatur ihwal larangan-larangan terhadap musisi dalam berkarya dan implikasi pidana jika melanggar larangan itu.


Bagi I Gede Ari Astina, nama lengkap Jerinx, pihak-pihak yang menginginkan RUU Permusikan disahkan sebagai payung hukum permusikan tanah air, dianggap tidak memiliki arti bagi Jerinx. Termasuk Ashanty, istir dari Anang Hermansyah.


"Mereka (tepatnya istrinya) yg ngotot nantang saya debat TV. Yo wis, saya sanggupi. Elite pieces of shyt macam mereka means nothing to me," tulis Jrx.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kalau yg ini memang akan saya hapus sendiri... Part of a plan 🔥

A post shared by JRX (@jrxsid) on

 


Baca juga: Akan Jalani Sidang, Ahmad Dhani Dipindahkan ke Rutan Medaeng

Hanya saja belum diketahui secara pasti, stasiun TV apa yang akan menayangkan debat antara Jerinx vs Anang pada Rabu (13/2/2019). Namun sebelum berdebat di televisi, Ashanty dalam beberapa hari terakhir saling memberi komentar terkait RUU Permusikan. 


Diketahui, salah satu pasal dalam draf RUU Permusikan yang paling dikritisi adalah  pasal 32, 33, 34, dan 35 yang mengatur soal uji kompetensi dan sertifikasi bagi musisi. 

 

Selain itu, pasal yang mengharuskan musisi menggandeng promotor berlisensi saat menggelar pertunjukan juga menuai kritik karena dinilai menyusahkan musisi indie.