Jeneponto Target Vaksinasi Covid-19 tembus 70 Persen di Akhir Tahun

- Sekarang baru 52 persen

Jeneponto Target Vaksinasi Covid-19 tembus 70 Persen di Akhir Tahun
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, merilis grafik terbaru pencapaian vaksinasi Covid-19.


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jeneponto Suryaningrat, membenarkan hal itu.


"Capaian Vaksinasi saat ini baru 52 persen sejak tanggal 12 Desember 2021. Untuk dosis pertama baru 37 persen sedangkan dosis kedua, 14 persen," ujarnya kepada KABAR.NEWS, Selasa (14/12/2021).


Namun catatan terbaru itu belum mengalami perubahan yang signifikan, dimana capaian itu masih rendah lantaran banyaknya informasi bohong.


"Akibat banyaknya informasi hoaks sehingga warga kurang antusias. Hal itu juga dialami oleh beberapa daerah lainnya. Jadi, bukan hanya Kabupaten Jeneponto saja," jelasnya. 


Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak agar dapat mengedukasi warga lantaran nakes juga mempunyai keterbatasan.


"Kami minta semua pihak ikut membantu memberikan edukasi kepada warga betapa aman dan halalnya vaksin Covid-19," pinta Suryaningrat.


Berdasarkan target pada akhir tahun, ia pun menargetkan tingkat vaksinasi sebanyak 60 hingga 70 persen.


"Dari 19 Puskesmas, Kodim dan Polres baru mencapai dua ribuan, itu harus kita  maksimalkan duakali lipat untuk mencapai 70 persen sampai dengan akhir 31 Desember 2021 ini," harapnya.


Untuk itu, pihaknya harus melakukan upaya minimal empat ribu dalam sehari.


"Untuk mencapai itu, kita targetkan empat ribu vaksin dalam sehari. Target 70 persen ini yang mau kita kejar dan diwanti-wanti juga oleh bapak Gebernur Sulawesi Selatan," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B