Jeneponto Mulai Terapkan PPKM Mikro, Aktivitas Ekonomi Dibatasi

Mulai berlaku Senin hari ini

Jeneponto Mulai Terapkan PPKM Mikro, Aktivitas Ekonomi Dibatasi
Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mulai berlaku hari ini, Senin (12/7/2021).


Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengatakan, PPKM ini dilakukan berdasarkan intruksi Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa semua daerah harus memberlakukan PPKM. 


Kata Iksan, daerah berjuluk Butta Turatea saat ini berada pada zona orange. Dimana masih terdapat kecamatan yang zona risikonya tak seragam.


"Karena itu kita menyesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing. Dimana Kabupaten Jeneponto saat ini, berada di zona orange dan di sini juga ada beberapa kecamatan yang tidak seragam. Karena itu kita menyesuaikan menemukan kesepakatan-kesepakatan untuk segera memberlakukan," ujar Iksan kepada KABAR.NEWS di Kantornya, Senin.


Bupati dua priode ini menjelaskan bahwa, pemberlakukan PPKM berskala ini fokus meneggakkan protokol kesehatan dan 3T. 


"Yah! menerapkan PPKM secara mikro, melakukan 3T dan memonitor semua perkembangan masyarakat. Khususnya yang melakukan berbagai aktivitas - aktivitas semua dibatasi," jelasnya.


Iksan menilai bahwa kebijakan PPKM skala mikro dianggap paling tepat dilakukan karena selain menekan penyebaran Covid-19, di sisi lain aktivitas ekonomi masyarakat masih bisa berjalan meski dibatasi.


"Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM mikro menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini dalam mengendalikan Covid-19, karena semuanya tetap bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi masyarakat," tandas Iksan Iskandar.


Penulis: Akbar Razak/B