Jembatan Penghubung Bulukumba Roboh, PUPR Sinjai: Perbaikan Wewenang Pemprov

Sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda empat

Jembatan Penghubung Bulukumba Roboh, PUPR Sinjai: Perbaikan Wewenang Pemprov
Kadis PUPR Sinjai Andi Taufiq saat meninjau jembatan roboh di poros Sinjai - Bulukumba. (KABAR.NEWS/ Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), A. Taufiq Saleh memastikan jembatan penghubung Sinjai - Kabupaten Bulukumba yang roboh tidak bisa dilalui kendaraan roda 4.


"Jembatan ini tidak bisa lagi digunakan untuk angkutan umum atau roda 4," ujar Taufiq saat meninjau jembatan yang roboh tersebut, Kamis (4/11/2021).


Menurutnya, perbaikan jembatan trans Sinjai - Bulukumba tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sulsel. Pihak PUPR Sinjai hanya melakukan meninjau kemudian melaporkan ke PUPR Sulsel.


"Setelah kami meninjau, olehnya itu diharapkan Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Selatan untuk segera melakukan perbaikan karena ini termasuk jalur utama masyarakat Sinjai-Bulukumba, khususnya wilayah Kajang dan Bira," harapnya.


Dilihat dari kondisi dan penyebab robohnya jembatan tersebut, A Taufiq mengungkapkan diduga karena bangunan jembatan yang sudah tua.


"Plat jembatan yang patah, dilihat dari besi betonnya semua sudah keropos sehingga kondisinya sudah tidak layak lagi untuk dibenahi tetapi mesti dibuatkan jembatan baru, apalagi kondisi saat sekarang ini frequensi kendaraan yang melintasi di jalur ini semakin meningkat," jelasnya.


Penulis: Syarif/A