Jelang Ramadan, Harga LPG 3 Kg di Sulsel Akan Naik

Dinas ESDM Sulsel mengungkapkan ada kenaikan HET LPG 3 Kg sebesar Rp 3 ribu dari sebelumnya.

Jelang Ramadan, Harga LPG 3 Kg di Sulsel Akan Naik
Ilustrasi LPG 3 Kg.






KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi tentang Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 11 Tahun 2021 tentang penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Liquefied Petroleum Gas (LPG) untuk tiga Kilogram. Adanya sosialisasi, menunjukkan akan adanya kenaikkan harga LPG 3 Kg jelang Ramadan. 

Kepala Dinas ESDM Sulsel, Andi Irawan Bintang menjelaskan Pergub 11 Tahun 2021 merupakan revusi dari Pergub 6 tahun 2015. Dari revisi tersebut ada selisih kenaikan HET LPG 3 Kg. 

"Kenaikan harga LPG 3 Kg ini sudah disepakati oleh pemerintah pusat. Sebenarnya SK ini berlaku sejak 1 Februari, tapi kita masih menunggu persetujuan dari pimpinan," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Jumat (26/3/2021). 

Terkait rencana kenaikan HET LPG 3 Kg tersebut, Irawan mengaku sudah mensosialisasikan ke setiap daerah di Sulsel. Ia merinci berdasarkan Pergub 11 Tahun 2021 terjadi kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HEP) LPG 3 kg di Pangkalan resmi Pertamina naik dari Rp15.500 menjadi Rp18.500.

Irawan menambahkan untuk tahun 2021, kuota LPG 3 Kg di Sulsel meningkat dari 261.598 Metriks ton naik menjadi 275.880 Metriks ton.

“Jadi koutanya itu yang tentukan pusat, jadi kita hanya mengusul yang tentukan itu pusat di migas,” kata dia. 

Sementara itu, Kepala Bidang Dinas ESDM Jamaluddin mengatakan persoalan harga memang terjadi perbedaan ditiap daerah. Khususnya di wilayah perbatasan. Mengigat, ada biaya operasional.

“Kalau harga sudah relatif sama tidak mungkin akan terjadi penyimpanan keluar itu, karna kan harga kalau dia kasih keluar pasti ada beban tambahan lagi kan, biayanya, kalau harganya sama pasti tidak mungkin di jual di dalam kan,” ucapnya.

Penulis: Darsil Yahya/B