Jelang Pilkada, Satpol PP Pangkep Kuatkan Fungsi Linmas

Sosialisasi

Jelang Pilkada, Satpol PP Pangkep Kuatkan Fungsi Linmas
Bupati Kabupaten Pangkep Syamsuddin Hamid (kanan) saat hadiri sosialisasi penguatan Linmas. (IST)






KABAR.NEWS, Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Sulsel, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat menggelar sosialisasi penguatan fungsi linmas dalam mewujudkan Pilkada Damai, Aman dan sehat. 


Sosialisasi berlangsung di ruang pola Setda Pangkep, Jumat(4/12/20). Kegiatan ini sebagai upaya penguatan sinergitas dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.


Kepala Satpol PP Pangkep, Djufri Baso mengatakan, salah satu tugas dan fungsi Satpol PP bidang perlindungan masyarakat untuk memberikan pembinaan kepada Linmas yang bertugas di desa/lurah sebagai perpanjangan tangan Satpol PP.


Menurut dia, Linmas bukan hanya berkutat saat ada pemilihan umum. Akan tetapi, berdasarkan Permendagri nomor 84 tahun 2014, Linmas sangat besar beban tanggung jawabnya. 


Di antaranya, Linmas membantu jika ada bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam, menjaga ketentraman, ketertiban dan perlingdungan masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan dan membela negara.


"Itulah kami dari Sat Pol PP melakukan sosialisasi. Karena merupakan program rutin," kata Djufi Baso.


Ia juga menyebut, beberapa syarat menjadi anggota Linmas. Misalnya terkait umur minimal 18 tahun atau sudah menikah, usia maksimal 60 tahun dan jenjang pendidikan minimal SLTP.


"Itu yang akan kita evaluasi, bagaiamana anggota Linmas desa/kelurahan sesuai regulasi. Saya kira, apa yang kita lakukan ini sangat besar manfaatnya," tambahnya lagi.


Sementara itu, Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan, Pilkada tahun ini beda dengan pilkada sebelumnya karena pandemi Covid-19.


"Sehingga ada tambahan pekerjaan bagi Linmas. Olehnya itu, kebijakan kita memberikan tambahan honor dua kali lipat dari yang sebelumnya," katanya.


Penulis: Saharuddin/B