Jelang Misa Malam Natal, Gereja Katedral Makasaar Disemprot Desinfektan

penyemporatan dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Jelang Misa Malam Natal, Gereja Katedral Makasaar Disemprot Desinfektan
Tim Detaseman Gegana Brimob Polda Sulsel saat melakukan penyemprotan desinfektan di dalam area Gereja Katedral Makassar, Kamis (24/12/2020) (KABAR.NEWS/Darsil Yahya)

KABAR.NEWS, Makassar - Jelang pelaksanaan ibadah misa malam natal 2020, Gereja Katedral Makassar yang terletak di Jalan Kajaolalido, Makassar, Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel menyemprot desinfektan di seluruh area gereja guna mencegah penyebaran Covid-19.

Komandan Detasemen (Danden) Gegana AKBP Sahruna Nasrun mengatakan kegiatan penyemporatan dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

"Jadi untuk kegiatan sterilisasi Jibom (Penjinak Bom) dari Detasemen Gegana satuan Brimob Polda Sulsel dengan perintah bapak Dansat Brimob kemudian kami membackup Polrestabes Makassar dalam hal ini rutin sudah kita lakukan namun tahun ini berbeda karena kita sedang dihadapkan pada pandemi virus corona," kata Danden Gegana AKBP Dr. Sahruna Nasrun kepada awak media, Kamis (24/12/2020).

Setelah melakukan penyemprotan diseluruh area gereja, lanjut AKBP Dr. Sahruna Nasrun, Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel kemudian melakukan pengecekan benda mencurigakan di area gereja tertua di Makassar ini.

"Jadi tadi rekan-rekan bisa melihat sendiri sebelum sterilisasi oleh penjinak bom kita adakan dulu penyemporatan desinfektan oleh Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Subden Gegana. Jadi bermain (Diturunkan) antara KBR dan Jibom jadi ini untuk mencegah virus corona yang sekarang sedang melanda," ujarnya.

Dari pantaun KABAR.NEWS di lokasi panita perayaan Natal 25 Desember 2020 Gereja Katedral Makassar juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Telihat pengeloa gereja juga telah menyiapkan sejumlah tempat cuci tangan sebelum memasuki area gereja. Umat yang akan mengikuti misa malam natal juga diwajibkan menggunakan masker.

Serta kursi tempat duduk jemaat diberi tanda silang agar jemaat yang akan melakukan ibadah misa malam natal tetap menjaga jarak sesuai protokol yang berlaku.

Penulis : Darsil Yahya/A