Jelang Lebaran, Polrestabes Makassar Siagakan 1.135 Personel

Makassar semakin padat dan macet jelang Idulfitri.

Jelang Lebaran, Polrestabes Makassar Siagakan 1.135 Personel
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana












KABAR.NEWS, Makassar - Semakin padatnya keramaian di kota Makassar dikhawatirkan berpotensi menjadi Kluster penyebaran Covid-19. Kondisi ini terutama diantisipasi menjelang lebaran, yang terpantau warga Kota mulai memadati pusat perbelanjaan seperti Mall dan supermarket. 


Untuk mencegah pusat keramaian, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana menyebutkan pihaknya telah menyiapkan 1.135 anggotanya. Hal ini, kata Witnu, untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan. 

"Kalau untuk Polrestabes, kami menyiapkan 1.135 (personel). Itu gabungan Polres dan melibatkan ini, karena kita juga melibatkan Satgas Raika-nya Pemkot setiap harinya," ujarnya di Balai Kota, Senin (3/5/2021). 

Witnu menjelaskan bahwa semua tempat sudah dipastikan akan dilakukan pemantauan. Olehnya itu, jika pelanggaran protokol kesehatan terjadi maka pihaknya akan menertibkan. 

"Terhadap semua tempat-tempat yang kita kaji, kita analisa, kita potret dia tidak mematuhi protokol kesehatan, pasti kita akan tertibkan dengan cara-cara persuasif humanis tadi," terangnya

Lebih lanjut, Witnu mengatakan untuk mekanisme sanksi akan dikembalikan terhadap Pemerintah Kota Makassar. Hanya saja kata ia, sanksi akan diberlakukan secara bertahap. 

"Untuk bagaimana sanksi hukum yang berkaitan dengan izin dan sebagainya tentu pak Wali punya tahapannya, dari peringatan, penutupan sampai mungkin juga mencabut izin operasional. Tergantung eskalasi pelanggan yang dilakukan," ucapnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B