Jejak Pertemuan Indonesia vs Thailand di Laga Pamungkas Piala AFF

*Pertandingan final kedelapan untuk Gajah Perang

Jejak Pertemuan Indonesia vs Thailand di Laga Pamungkas Piala AFF
Keseblasan Timnas Indonesia pada pertandingan Piala AFF 2020 melawan Kamboja. (Foto: PSSI)












KABAR.NEWS, Makassar - Timnas Indonesia akan menantang Thailand pada partai final Piala AFF 2020. Ini merupakan pertemuan ketiga Garuda melawan skuad Gajah Perang dalam laga final turnamen negara-negara Asean ini.


Thailand melangkah ke partai puncak Piala AFF 2020 usai menahan imbang Vietnam 0-0 pada semifinal leg kedua di Stadion Nasional Singapura, Minggu (26/12/2021). Teerasil Dangda dan kawan-kawan menang agregat 2-0.


Indonesia sendiri berhasil menembus pertandingan final Piala AFF untuk yang keenam kalinya, setelah menghajar Singapura dengan skor agregat 5-3 pada Sabtu kemarin.


Pertandingan final nanti merupakan yang kedelapan kalinya untuk Thailand sejak turnamen ini berlangsung tahun 1996. Thailand juga tercatat sebagai tim kedua terbanyak pengoleksi trofi juara Piala AFF, setelah Vietnam.


Final Perdana Indonesia Kalah 4-1


Melansir berbagai sumber, pertemuan Indonesia vs Thailand di partai final tercatat sudah empat kali. Laga puncak perdana yang mempertemukan kedua negara tersaji pada edisi tahun 2000. Piala AFF saat itu masih bertajuk Piala Tiger.


Kala itu, Timnas Indonesia pada pertandingan final pertamanya kalah telak dengan skor 4-1 di Stadion Rajamangala, Bangkok. Satu-satunya gol Garuda dicetak oleh Uston Nawawi. 


Tuan Rumah Dipermalukan


Berlanjut pada laga Pamungkas Piala AFF edisi tahun 2002, Indonesia kembali jumpa Timnas Thailand. Ini merupakan torehan kedua Indonesia menembus partai final.


Berlaga di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan kembali harus puas dengan status runner-up atau peringkat kedua Piala AFF. 


Saat itu, Timnas Thailand sukses mempermalukan tuan rumah lewat drama adu penalti yang berkesudahan 4-2. Sebelum tos-tosan, skuad Garuda ditahan imbang 2-2 oleh sepuluh pemain Thailand.


Piala AFF 2016: Amuk "King Kong" Buyarkan Mimpi Juara


Setelah kurang-lebih 14 tahun tak bersua di partai final, Indonesia akhirnya kembali jumpa Thailand pada pertandingan puncak Piala AFF 2016 yang berlangsung dengan format kandang dan tandang.


Pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, tuan rumah Indonesia yang diasuh mendiang Alfred Riedl tampil meyakinkan dengan kemenangan 2-1. 


Gol-gol Indonesia ke gawang Thailand saat itu dicetak oleh Rizky Pora dan Hansamu Yama. Sementara gol tim tamu dibukukan oleh penyerang Teerasil Dangda.

Bek Timnas Indonesia Fachrudin Aryanto (kiri) berebut bola melawan penyerang Thailand Siroch Chatthong (kanan) pada pertandingan final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand. (Foto oleh Anusak Laowilas/NurPhoto via Getty Images)


Berlanjut pada leg kedua, giliran Thailand bertindak sebagai tuan rumah. Partai final yang disaksikan 48 ribu penonton di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand berbalik mempecundangi Indonesia.


Adalah Siroch Chatthong menjadi sosok yang membuyarkan mimpi Garuda untuk merengkuh gelar juara perdana Piala AFF. Timnas kembali pulang dengan status runner up untuk keenam kelima kalinya.


Kala itu, penyerang berjuluk King Kong tersebut mencetak brace atau dua gol ke gawang Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga. Thailand menang dengan agregat 3-2.


Adapun pertandingan final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand akan berlangsung dengan format home-away. Leg pertama digelar Rabu, 29 Desember 2021 dan pertandingan kedua pada Sabtu, 1 Januari 2022.