Jaringan Telekomunikasi di Talaud Sulut Tak Terganggu Pasca Gempa 7,0

Kemenkominfo meminta operator seluler untuk waspada gempa susulan.

Jaringan Telekomunikasi di Talaud Sulut Tak Terganggu Pasca Gempa 7,0
Gempa magnitudo 7,o di Sulawesi Utara. (Foto: BMKG)






KABAR.NEWS, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan tidak ada gangguan jaringan dan layanan telekomunikasi di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pasca gempa berkekuatan magnitudo 7,0 pada Kamis (21/1/2021). 

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad M Ramli mengatakan sejumlah operator seluler telah melaporkan tidak adanya gangguan jaringan telekomunikasi di Kepulauan Talaud, Sulut. 

"Layanan seluler tetap dapat dinikmati masyarakat di wilayah tersebut. Begitu juga layanan dan infrastruktur milik PT Telkom dilaporkan masih aman dan terkendali," ujarnya dikutip dari detik.com, Jumat (22/1/2021).

Meski tidak ada gangguan layanan jaringan telekomunikasi, Kemenkominfo melakukan monitoring. Selain itu, kata Ramli, pihaknya juga sudah meminta kepada operator untuk mengantisipasi gempa susulan. 

Sebelumnya, gempa magnitudo 7,0 mengguncang disekitar Kepulauan Talaud, Sulut. BNPB menyebutkan di Kepulauan Talaud sempat tidak ada penerangan atau lampu mati serta komunikasi juga agak sulit.

"Saat ini BPBD setempat sedang menghimpun informasi dari desa-desa yang teridentifikasi merasakan guncangan gempa. Informasi yang diterima BNPB menyebutkan kondisi di Kepulauan Talaud sekarang ini tidak ada penerangan atau lampu mati serta komunikasi juga agak sulit," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.