Jaringan 5G Telkomsel Merambah Makassar, Bisa Dinikmati Khusus di Lokasi Ini

Makassar pertama di Sulawesi

Jaringan 5G Telkomsel Merambah Makassar, Bisa Dinikmati Khusus di Lokasi Ini
Peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Gedung Miring PT Telkomsel, Kota Makassar, Senin (7/6/2021). (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Jaringan 5G dari Telkomsel mulai Senin (7/6/2021) dapat digunakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Perusahaan pelat merah ini meluncurkan layanan 5G di Kota Daeng setelah merambah DKI Jakarta, Surakarta dan Balikapapan.


Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, hadirnya jaringan 5G di Kota Makassar merupakan komitmen dari Telkomsel untuk memberikan jaringan yang lebih cepat. 


“Hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri," ujar Adiniwahyu dalam  keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).


Meski telah hadir Kota Makassar, jaringan 5G belum merambah semua pelanggan Telkomsel di Kota Daeng. Jaringan dengan kecepatan 500MBps per detik ini hanya dapat dinikmati di lokasi khusus.


Untuk sementara, kata Sigit, cakupan layanan 5G Telkomsel hanya meliputi area Kantor GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali.


Pengguna juga kini dapat mengunjungi GraPARI Pettarani untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access). 

Sigit melanjutkan, keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital yang lahir dari para talenta tanah air. Sehingga harapannya, dengan kehadiran Telkomsel 5G di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi smart digital user atau sekadar menjadi pengguna.


"Melainkan menjadi smart digital preneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G dan berkontribusi lebih terhadap penguatan perekonomian dan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan," pungkas Sigit.


Sekadar diketahui, untuk merasakan layanan 5G Telkomsel, masyarakat harus menggunakan ponsel yang mendukung jaringan 5G di spektrum frekuensi 2,3GHz dan membeli paket Hyper 5G, yang saat ini baru tersedia untuk pelanggan tertentu.


Peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Makassar dirangkaikan dengan pemberian dukungan berupa Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Pemerintah Kota Makassar melalui program Makassar Recover.


Penulis: Irvan Abdullah/C