Skip to main content

Jangan Langsung Minum Setelah Makan, Yuk Ketahui Ini Waktu Terbaik

mium
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Lazimnya, sejumlah orang langsung minum setelah menyantap makanan. Kebiasaan ini memang sulit dihilangkan. Sejumlah orang yang sudah terbiasa langsung minum setelah makan, akan merasa tenggorokannya kering dan perut tidak nyaman jika tidak langsung melakukannya.

Melansir dari laman Boldsky, mengkonsumsi air setelah makan sebenarnya tidak disarankan. Pasalnya, ada proporsi cairan-padat tertentu yang perlu dipertahankan sementara tubuh mencerna makanan. Asupan air saat minum membuat keseimbangan ini bisa terganggu. 

Air minum yang langsung dikonsumsi setelah makan justru akan membuat kita lebih cepat lapar karena akan merusak waktu alami untuk mencerna makanan.

Untuk itu, waktu ideal yang disarankan untuk minum setelah makan ialah 30 menit. Hal ini karena dalam 30 menit tubuh akan mulai memasuki tahap percernaan baru. Sehingga air yang diminum tidak akan mengganggu percernaan makanan padat. 

Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat enzim dan nutrisi penting dalam proses pencernaan menjadi larut dan kemudian meningkatkan tingkat asam dalam tubuh. Sehingga kualitas makanan  yang dikonsumsi dan nutrisi kurang diserap dengan baik dalam tubuh.