Skip to main content

Jangan Anggap Enteng, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak, Lho !

otak
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Otak merupakan organ penting bagi tubuh manusia. Bagaimana tidak, segala segala sesuatu diatur oleh otak.

 

Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk dijaga. Sayangnya, sejumlah kebiasaan kecil dan sepele justru  bisa menurunkan fungsi otak atau bahkan merusaknya.

 

Melansir dari laman Boldsky, berikut ini sejumlah kebiasaan sepele yang sering kali justru berdampak negatif bagi kesehatan otak :   

 

1. Terlalu banyak makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji yang terlalu berlebihan dapat pengaruhi hubungan antara sel otak dan memengaruhi memori. Baik jangka pendek hingga jangka panjang.

 

2. Kurang komunikasi

Penelitian mengungkapkan, bahwa melakukan komunikasi  10 menit per hari dapat meningkatkan kemampuan mental. Jika kita kurang melakukan komunikasi, maka beberapa sistem saraf otak bisa melemah.

 

3. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan bisa menyebabkan penurunan kadar glukosa darah yang secara negatif dapat mempengaruhi fungsi otak.

 

4. Konsumsi terlalu banyak gula

Terlalu banyak konsumsi gula dapat pengaruhi neurotropik otak yang bertanggung jawab atas produksi neuron. Terlalu banyak konsumsi gula dapat melukai otak.

 

5. Menutup kepala saat tidur

Jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh bakal berkurang jika anda melakukan kebiasaan menutup kepala saat tidur. Tidak menutup kemungkinan, kita akan lebih banyak menghirup karbon dioksida. Tentunya, hal ini akan membuat otak rusak sedikit demi sedikit.