Jalan Rusak di Parepare Mulai Diukur, Dinas PUPR Prioritaskan Ruas Mattirotasi

*Anggarannya berasal dari DAK

Jalan Rusak di Parepare Mulai Diukur, Dinas PUPR Prioritaskan Ruas Mattirotasi
Perbaikan ruas jalan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menangani beberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan.


Di antaranya yang menjadi prioritas Jalan Mattirotasi, kemudian Jalan Sapta Marga, Jalan Bukit Madani, Jalan Laupe, Jalan Manunggal, dan Jalan Industri Kecil.


Plt Kepala Dinas PUPR Parepare Samsuddin Taha mengatakan, untuk rehab jalan dari sumber dana DAK 2022 terdapat 6 lokasi ruas dengan anggaran senilai total Rp15,5 miliar.


“Minggu lalu sudah mulai mengadakan pengukuran awal dengan didampingi oleh konsultan dan Dinas PUPR. Mungkin Minggu depan sudah mulai action di lapangan oleh pelaksana. Untuk rehab jalan diprioritaskan Mattirotasi selesai sebelum Idul Adha,” ungkap Samsuddin Taha, Rabu (18/5/2022).


Total panjang jalan yang dikerja tahun ini, yaitu 8.392 meter. Itu dengan rincian Jalan Mattirotasi sepanjang 2.190 meter, Jalan Sapta Marga 588 meter, Jalan Bukit Madani 1.532 meter, Jalan Laupe 940 meter, Jalan Manunggal 763 meter, dan Jalan Industri Kecil 2.379 meter.


Sementara terkait ruas Jalan Nasional yang rusak seperti Jalan Bau Massepe hingga Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Jalan Lingkar hingga perbatasan Parepare dan Sidrap akan dikomunikasikan ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar.


“Keluhan akan diteruskan ke sana. Ada beberapa titik Jalan Nasional di Parepare yang akan menjadi perhatian kami untuk ditindaklanjuti diteruskan ke Balai Jalan Nasional di Makassar,” kata Samsuddin.


Penulis: Arsyad/C