Skip to main content

Jacksen Ungkap Sebab Kekalahan Telak Persipura

Jacksen f tiago
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, Makassar - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, tidak menyangka timnya bisa kalah 4-0 saat melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalata Mattoanging, Senin (18/11/2019) malam.

 

"Selamat buat PSM Makassar atas kemenangannya, saya ingin katakan dimana permainan kita tidak berkembang sama sekali, terutama dua gol awal yang terjadi dalam sebuah proses yang sebenarnya kita sudah siapkan tapi tetap terjadi," kata Jacksen F Tiago usai pertandingan.

 

Mantan pelatih Barito Putera ini juga mengungkapkan, bahwa sebenarnya ia dan anak asuhnya telah berlatih mengantisipasi duel dalam merebut bola saat terjadi lemparan bola ke dalam.

 

Namun, dia menyebut kehilangan konsentrasi para pemain menjadi biang terjadinya empat gol kemenangan PSM.

 

"Tadi saya sampaikan dalam ruang ganti, kalau lemparan ke dalam terjadi golnya langsung atau satu sentuhan langsung masih bisa dimaklumilah tapi, kalau bola masih pantul dan kita tidak bisa bereaksi," terangnya. 

 

"Lawan malah bisa ambil keputusan lebih cepat dari kita, itu adalah karena faktor konsentrasi kelihatan sekali bahwa awal kita sudah mulai start yang baik bisa akhirnya kita punya rencana yang kita punya tidak berjalan maksimal," lanjut Jacksen F Tiago. 

 

Selain itu, juru taktik asal Brasil ini menuturkan kesalahan yang dilakukan anak asuhnya pada laga malam tadi dan akan menjadi pekerjaan (PR) rumah baginya 

 

"Dan kita tidak mampu tiga empat kali sentuhan berurut-turut dalam pertandingan tadi. Kita tidak mampu melakukan itu, yah itu adalah sebuah PR buat saya sebagai pelatih," tegasnya.

 

Kendati demikian, Jacksen tak ingin berlarut-larut atas kekalahan telak tersebut, ia mngatakan akan segera mempersiapkan timnya untuk laga selanjutnya melawan Persebaya Surabaya.

 

"Saya harus mempersiapkan tim kita dengan lebih baik lagi supaya dalam proses latihan mempersiapkan melawan Persebaya Surabaya kita bisa jauh lebih baik dari apa yang kita lalukan pada malam ini. Karena boleh dikatakan performa kita semua tidak sesuai apa yang kita harapkan tapi kita tahu bahwa lawannya hari ini tampil lebih baik," pungkasnya.

 

Akibat kesalahan 4-0 tersebut, tim Mutiara Hitam tak mampu memperkecil jarak atas  Bali United yang berada di puncak klasemen Liga 1 2019 yang perolehan  57 poin. Mereka mempunyai selisih sebanyak 13 poin dimana Persipura Jayapura berada di posisi kedua klasemen dengan perolehan 44 poin.


Darsil Yahya/CP/B

 

loading...