Italia Buka Euro 2020 dengan Kemenangan 3-0 atas Turki

Grup A

Italia Buka Euro 2020 dengan Kemenangan 3-0 atas Turki
Penyerang Timnas Italia Ciro Immobile mencetak gol ke gawang Turki pada pertandingan perdana Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico Roma, Sabtu (12/6/2021). (Getty Images via Twitter EURO 2020)












KABAR.NEWS, Roma - Pertandingan pembuka Euro 2020 yang mempertemukan Timnas Italia vs Turki berhasil dimenangkan Gli Azzuri dengan skor 3-0 di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.


Laga Italia vs Turki pada babak pertama berlangsung imbang tanpa gol. Meski demikian, tuan rumah lebih mendominasi jalannya pertandingan dan membuat pertahanan Turki tampak kocar-kacir.


Italia nyaris menciptakan gol pada menit ke-22 andai sundulan Giorgio Chiellini tak ditepis penjaga gawang Turki, Ugurcan Cakır. Hingga jeda, skor 0-0 bertahan untuk kedua tim.


Usai turun minum, kedua tim melakukan pergantian pemain. Italia menarik keluar Alessandro Florenzi diganti oleh Giovvanni Di Lorenzo, sementara Turki memasukkan Cengiz Under mengganti gelandang Lille, Yusuf Yazici.


Gol yang dinanti-nanti dari berbagai peluang Italia akhirnya tercipta menit ke-53 melalui bunuh diri Merih Demiral. Bek Juventus tersebut salah mengantisipasi tendangan Berardi dari sisi kanan gawang Turki. 


Unggul 1-0, membuat tim asuhan Roberto Mancini terus menekan Turki. Sebaliknya, tim bulan sabit merah justru terlihat sulit membangun serangan untuk setidaknya menciptakan peluang.


Alih-alih memberi ancaman ke pertahanan lawan, pada menit ke-66 Turki justru kembali kebobolan. Adalah Ciro Immobile menggandakan keunggulan Italia lewat sepakan kaki kanannya usai meneruskan tendangan reball Leonardo Spinazzola dan skor 2-0.


Lorenzo Insigne menutup pesta gol Italia ke gawang Turki pada menit ke-79. Gol tersebut berawal dari kesalahan Ugurcan Cakır memberi umpan kepada rekan setimnya. Bola justru mendarat di kaki pemain Italia dan dituntaskan dengan plesing penyerang Napoli tersebut.


Tiga poin dari pertandingan perdana ini membuat Italia untuk sementara memimpin Grup A Euro 2020. Selanjutnya, Gli Azzuri akan menantang Swiss pada Kamis, 17 Juni 2021.